Niche Yang Cocok Naikan Penghasilan Blog Adsense Agar Meningkat

Sudah punya akun Adsense tapi masih terkurung ekspektasi? Menerima gajian GA setiap bulan masih sebatas mimpi? Sama :)

Berkali-kali ditolak oleh Adsense hingga sampailah menikmati hasil akhirnya berkat kerja keras disertai do'a dan semangat pantang menyerah, telah menuai keberhasilan dalam meraih kepemilikan akun Adsense untuk blog yang telah disetujui sepenuhnya. 

Oh akhirnya...

Maaf! Bukan akhirnya, diterima menjadi publisher bukanlah sebuah akhir, melainkan benar - benar permulaan yang lagi-lagi akan menguji konsistensi blogging dan ujian bagi Anda dalam mengelola blog.

Niche Yang Cocok Naikan Penghasilan Blog Adsense Agar Meningkat
Penghasilan Blog Saya

Sebelumnya silahkan baca Artikel tentang ekspektasi terhadap kepemilikan akun Adsense Full Approve : Berapa Penghasilan Adsense Untuk Blogger? Bukan gajian Sebenarnya

Sebuah postingan yang menggambarkan bagaimana sebenarnya kriteria mutu harus terlebih dahulu dicapai sebuah blog untuk akhirnya diterima menjadi media partner publisher Adsense sehingga memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan yang "cukup" dari hasil kerjasama dengan program Adsense secara nyata dan bukan hanay sekedar ekspektasi.

Langsung saja ke topik utama tentang Niche Blog Adsense.

Memangnya Adsense pernah mengatakan ada niche khusus yang harus dimiliki untuk bergabung dengan-nya dan hasilkan uang dalam jumlah besar? Tidak, tapi saya juga tidak mengada-ada kalau sebenarnya Niche untuk Adsense memang penting dan harus dipertimbangkan jika.. Anda seorang yang berencana melakukan money blogging khususnya dengan program PPC Adsense. 

Kalau sekedar nge-blog yang penting happy dan syukur-syukur dapat penghasilan, itu tipekal Saya. Jadi mungkin tidak begitu ambil pusing dengan harus memilih Niche yang cocok untuk Google Adsense.

Tapi, kalau tujuan utamanya menjadi blogger full time tentunya ada tuntutan lebih untuk benar-benar cari duit dengan memanfaatkan Adsense, untuk hal itu mungkin Anda akan membutuhkan upaya lebih keras agar penghasilan Google Adsense untuk blog Anda meningkat drastis dan fantastis.

Memilih niche blog itu susah-susah gampang. Apalagi kalau tujuannya biar trafik tinggi dan yang paling sulit jika cita-citanya agar CPC (Cost Per Click) maksimal.

Meski bukan satu-satunya parameter perhitungan penghasilan untuk Adsense karena sesungguhnya masih ada CPM (Cost Per Thousand) dan CPA (Cost Per Act), faktanya memang perhitungan jumlah klik yang menyumbang Rupiah terbesar untuk Adsense. Jadi mau tidak mau memprioritaskan untuk memperoleh klik pada tayangan dengan tawaran BPK yang tinggi.

Contoh Niche Adsense Berpenghasilan Tinggi Berdasarkan Target Pengunjung


Niche Umum (Target Luas)

Peluang Usaha

Peternakan, Pertanian

Resep Makanan

Review Game

Edukasi (pendidikan)


Kok Niche Blogging dan Android tidak Ada?
Coba perhatikan lagi list niche diatas, keseluruhannya ber-orientasi pada target pengunjung blog (Visitor).

Lalu apa sih yang dimaksudkan sebagai target secara spesifik?

Diambil sebagai contoh disini adalah niche blogging, sebuah blog yang khusus membahas tentang tutorial dan tata cara blog, cara mengelola blog, teknik untuk membuat blog lebih SEO friendly dan sebagainya. Niche ini sulit untuk mendapatkan penghasilan Adsense walaupun konon tetap memiliki potensi menjanjikan sebab trafik untuk blog seperti ini cukup besar, niche blogging tidak musiman sehingga tak mudah tergerus masa. 

Akan tetapi jika melihat dari target pengunjung blog dengan niche blogging yang notabene sebagian besar pengunjungnya adalah blogger juga, pasti kesempatan menerima klik (Tayangan Ads) akan sangat sangat kecil dan boleh dikatakan tidak mencukupi begitupun tidak sebanding dengan trafik yang dimiliki. Anda pasti paham sebabnya.

Niche Android juga tidak ada?
Tentang cara - cara oprek android, yang membutuhkan informasi seperti ini kebanyakan dari kalangan yang hobby mencari up-date tentang bagaimana memperdalam kemampuan telepon canggih-nya. Sampai mencari cara memasang Ad blocker misalnya, musush terbesar Publisher blog.

Jadi dengan kata lain meskipun Niche Android tidak dari kalangan blogger, mereka bisa jadi selalu tahu cara bagaimana mensiasati iklan yang tampil pada blog favourite-nya yangmana naasnya sering dianggap mengganggu. Meskipun begitu masih lebih memungkinkan menerima klik (possible) dari niche ini ketimbang niche blogging. CMIIW

Kesimpulan berdasar hasil Analisa pertama untuk memilih niche yang cocok dengan adsense adalah : Memilih niche dengan target pengunjung yang memahami seluk beluk PPC akan berimbas pada hasil pembayaran atau penghasilan Anda sebagai publisher Google Adsense.

Selanjutnya yang harus diperhatikan dalam memilih niche untuk Adsense adalah:

Utamakan Passion dan Minat

Sederhana kan? Hanya perlu memilih niche sesuai dengan apa yang disenangi, dikuasi dan tidak jenuh dengan topik yang akan menjadi identitas blog Anda. Kalau passion nya ada diniche blogging bagaimana? Okay Got It! Saya sangat paham kasusnya bahkan tidak pernah mengatakan bahwa niche blogging harus dihindari bukan? Yang perlu dilakukan hanya mengakali bagaimana untuk membuat penghasilan khusus niche blogging mampu meningkat tajam.

Caranya?

Tidak semua blogger memulai blog dari arah monetize. Saya yakin itu.

Maksudnya, tidak semua orang yang tertarik dengan blogging mengetahui tentang blog dari kabar fantastisnya penghasilan dari katanya dan katanya. Pasti tidak sedikit dari 'mereka' (pendatang baru) ingin memulai sebuah blog karena memang panggilan hati, Eta terangkanlah!

Sekarang, bagaimana jika seandainya berhasil menemukan niche yang berpotensi mendatangkan hasil memuaskan sebab sebagian besar mengandung unsur HPK (High Paying Keyword) tinggi tapi sayangnya kurang disenangi dan tidak dikuasai, percuma! Blog akan kendur lesu dan tidak berenergi kemudian hanya akan terdampar pada kondisi stagnan, dalam artian untuk pengelolaannya. Sebab belum tentu kemampuan sebagai webmaster yang mengelola dan menulis blog ada pada niche dengan mode 'maksa' tersebut.

Kepalang tanggung sekalian saja analisa HPK



Niche Yang Cocok Naikan Penghasilan Blog Adsense Agar Meningkat
Formula

Memilih Niche Dengan Potensi HPK Tinggi


Apa sih HPK atau High Paying Keyword? Mudahnya, niche dengan kategori ini menjadi incaran para pemasang iklan dan memburu blog bersangkutan sebagai tempat untuk menampilkan iklannya di blog yang menerapkan kata kunci istimewa sesuai niche blognya, sehingga pengiklan akan mengajukan tawaran untuk membayar lebih dan lebih demi menayangkan produknya di blog dimaksud.

Menarik bukan? Ingin pilih niche HPK? Jika tertarik dengan niche yang sebagian besar kata kuncinya bernilai tinggi, tentu akan memberikan dampak pada kenaikan penghasilan adsense anda, tapi..

Lebih baik perhatikan dulu daftar niche HPK ini

Asuransi

Kesehatan

Travel

Bisnis

Fashion

Online Shop

Otomotif

News

Desain Grafis

Properti

Forex

Nah itu saja dulu, dari sekian jumlah niche itu, dimana letak HPK nya? Inilah sebenarnya waktu paling tepat untuk menggunakan GKP (Google Keyword Planner) untuk menemukan kumpulan keyword dengan bayaran mahal sesuai dengan niche.

Masalahnya, sebagian (termasuk saya) yang sempat tergiur akan 'penghasilan' dan money blogging langsung bertindak tanpa memikirkan strategi dan resikonya dulu. Dari beberapa niche tersebut sempat saya coba salah satunya, dan akhirnya? You know lah, basis saya bukan pada list itu. Otomotif? Meskipun mahasiswa teknik mesin saya tetap tidak menemukan ide apapun untuk dituliskan. Makanya, kalau memang mengincar niche HPK akan sangat cocok bagi yang memiliki kemampuan disana.

Sebagian besar Niche yang mengandung potensi HPK adalah deretan niche yang cukup sulit digarap, bukan dari hobi atau keahlian yang mainstream. Butuh pemahaman detil tentang masing-masing niche yang ada pada daftar tersebut. Kalau hasil copy-paste dan article spinner? I doubt it!

Bagaimana jika nantinya ternyata memiliki pelanggan setia dan menanyakan hal-hal spesifik  atau sekedar berdiskusi di blog, bisa jawab? Kelabakan? 

Aku bisa sembunyi... oh dimanakah? Aku bisa sembunyi... laalala

Oh ya, tadi ada tapi nya kan?
Ingat, keyword dengan bayaran tinggi merupakan rahasia dapur dari Google Adsense, dengan mengintipnya pada GKP anda sudah harus siap berhadapan dengan resiko, jadi berhati hatilah.
Berdasarkan penjelasan bantuan Google, GKP ini ditujukan bagi pengiklan pemula. Artinya tools ini tidak ditujukan bagi webmaster dalam membidik dan menemukan kata kunci, tapi lebih condong kepada bantuan bagi pengiklan (klien adWords) yang akan memasang iklannya dan berkampanye dengan layanan AdWords, sekali lagi hati-hati.

Kesimpulan kedua dalam memilih niche agar penghaslan meningkat adalah, upayakan memilih niche yang sesuai dengan minat bakat dan kegemaran Anda.

Jangan karena berpotensi menghasilkan lebih banyak uang lalu main sikat. Boleh-boleh saja, tapi tidak ada yang akan bertanggung jawab bila dikemudian hari mengalami kesulitan serius.

Yang ketiga, jangan pilih niche negatif! ingat, bagaimanapun selalu upayakan untuk bekerja dengan yang halal saja agar tetap barokah dunia dan akhirat. Kalau dilirik, niche jelek-jelek itu lumayan menggiurkan juga ya? Danresikonya juga buat geleng-geleng kepala, penjara atau neraka?


Kalau blog gado-gado saja bagaimana? Blog samarif gado-gado tidak ya? hehe

Blog General dan bahasan umum, walaupun sedikit banyak membahas tentang tutorial blog dan blogging sepertinya akan berada satu tingkat diatas blog dengan niche blogging murni ataupun android.

Mengapa demikian?

Karena arah datangnya pengunjung dari cara dan arah beragam berdasarkan kemampuan setiap artikel untuk menggapai SERP.

Kalau seandainya pengunjung datang dari salah satu artikel yang bukan membahas tentang blog besar kemungkinan pengunjung itu bukan blogger, iya apa iya?

Tapi, ada tapinya lagi...

Kalau blog gado-gado kadang iklannya tidak relevan dengan isi blog, katanya loh! jadi lagi-lagi kemungkinan klik juga kurang maksimal karena ketidak-sesuaian iklan yang tampil. Berdasarkan pendapat beberapa blogger dalam berbagai forum, ini bisa saja disiasati dengan mencekal beberapa iklan, silahkan searching caranya, atau tunggu artikel selanjutnya.

Apakah cukup hanya dengan niche yang cocok dan tepat penghasilan Adsense akan naik? Tidak sesederhana itu, niche hanya akan menjadi tolak ukur seberapa sering tayangan iklan dengan relevansi, potensi menerima aksi pada iklan oleh pengunjung, dan kesempatan dalam memperoleh dan membidik kata kunci HKP.

Untuk lebih efektif nya tentu masih ada aspek lain dimana harus dipenuhi dan dimaksimalkan pula. Rumusnya, usaha maksimal hasil maksimal. Kita kan ngga pelihara tuyul :)


Sebagai gambaran saja, relevansi tampilan iklan itu murni Adsense yang me-manage sepenuhnya, jadi kita selaku publisher hanya berhak melakukan usaha untuk membuat konten sebaik mungkin, selalu menarik dan penuh informasi yang berguna bagi pengguna. Istilahnya user experience is priorities. 

Selain mementingkan kualitas konten untuk pengguna, kecepatan loading blog, Optimasi SEO hingga trafik juga menjadi pekerjaan rumah yang harus di garap sebelum ibu guru marah.. eh salah, sebelum meraih cita-cita untuk mendapat bayaran tinggi atau minimal setiap bulan mencapai ambang batas pembayaran akun Adsense Anda.


Tingkatkan Trafik


Trafik menjadi modal utama untuk mendapatkan hasil dari Adsense, kalau boleh jujur ini yang paling repot :)

Maka tak heran saat ini mulai banyak pemilik website mengiklankan situsnya dengan bantuan kampanya periklanan Google AdWords dan membangun strategi peningkatan trafik dengan membangun sebuah Fan-page Facebook dan selanjutnya dipromosikan secara berbayar untuk mendongkrak trafik blog secara cepat.

Jadi rumusnya, uang untuk uang ya?

Kalau berjalan mulus dan sesuai rencana, teknik ini sudah dapat dipastikan membawakan trafik dalam jumlah besar dan kemungkinan kenaikan penghasilan Adsense nya akan lebih jelas. Tapi kalau seandainya gagal? Uh, modal di awal cukup memberatkan kalau bagi saya.

Jadi kenapa tidak sebaiknya belajar Teknik Dasar SEO saja dulu?

Maksud Saya, tidak masalah menggunakan strategi promosi seperti itu tetapi sebisanya jangan melupakan The Power Of SEO Technic walau hanya seklumit. Istilah umum nya sedia payung sebelum hujan. Karena dengan bantuan AdWords untuk page one pada search engine itu hal yang mudah, kan sudah bayar.

Kalau masa kampanye sudah habis, apakah sudah yakin selama berada di Page One telah menjaring subscriber atau pelanggan setia blog? Kalau belum, apa mau iklan lagi?

Intinya, kalau sudah menerapkan Teknik SEO walau hanya yang paling sederhana, setidaknya sudah membangun antisipasi jika program kerjasama promosi telah habis (pengguna AdWords).

Untuk trafik yang meningkat secara signifikan memang harus bisa setidaknya menempatkan beberapa 'Kualitas' untuk SERP (Search Engine Result Page). Postingan yang berhasil masuk dan berada di papan atas hasil pencarian ini yang sejatinya menjadi jalan masuk terbaik bagi pengunjung.
Dan jika sudah ada disana, jangan merasa seolah olah sudah mantap, terus kirimkan kontingen anda untuk diperlombakan agar menjadi generator pengunjung organik. Cara Masuk Dan Bertahan Di Halaman Pertama Search Engine.

Pertimbangan User Experience (UX)


Adsense melakukan perhitungan validasi iklan dan akan dihitung setelah iklan mendapatkan tayangan kurang lebih 1-2 detik untuk CPM, sedangkan untuk tawaran BPK (Biaya Per Klik) juga harus dimulai dari munculnya atau dapat dilihatnya iklan. Jika situs lambat dimuat, resikonya pengunjung tidak akan melakukan apapun atau dapat dikatakan tayangan iklan tidak optimal serta gagal menerima CPM apalagi BPK.

Loading blog yang berat juga mungkin berakibat fatal, sebelum iklan tayang besar kemungkinan pengunjung akan leave atau kasarnya meninggalkan blog tanpa sempat membaca dan melihat tayangan iklan.

Ini tidak akan maksimal bagi Adsense anda, perbaiki kecepatan memuat situs agar bounce rate dapat ditekan sekecil mungkin dan iklan berpeluang tayang.


Konten Berkualitas


Yang seperti apa? Tidak perlu muluk - muluk karena samarif juga belum optimal dalam menyediakan artikel berkualitas.

Hanya saja apapun niche blog yang dipilih, saran saya sebagai pemula hindarilah penggunaan teknik bait click jika ingin penghasilan optimal. Apa itu bait click? Sebuah judul dan thumbnail yang memancing orang untuk melihat dan membaca tetapi isinya sangat tidak masuk akal dan berbeda dari judulnya.

Akibatnya pengunjung akan menutup blog bahkan ketika baru beberapa saat membaca kata pembuka yang jelas jelas tidak sesuai dengan apa yang difikirkan untuk pertama kali, pertimbangkanlah.


Optimasi Blog SEO Untuk Adsense


Yang ini cukup sulit, dalam beberapa sub judul dibawah user experience (UX) itu juga sebenarnya bagian dari Search engine Optimization dasar dan sederhana, jangan khawatir soal lebih jelas dan detil lebih jauhnya tentang SEO yang tepat. Blogger di Indonesia sudah banyak yang memberikan arahan tentang SEO white hat tentunya bahkan secara jelas dan gamblang.

Salah satunya yang masih aktif serta terpercaya hingga saat ini adalah website Klikmania besutan Kang Gani Sebastin yang sudah terkenal eksistensi blognya, dan sudah banyak menghiasi page one, silahkan diintip.



Saya tambahkan saja sekalian sebagai penyedap, yaitu selain cara-cara diatas (Niche dan Optimasi) salah satu upaya lain dalam meningkatkan penghasilan GA adalah dengan beternak Blog SEO. Dalam upaya ini direkomendasikan sudah mampu membidik page one sehingga blog 'anak' atau hasil ternak dapat menyumbang rupiah bagi akun Adsense anda.

Huh panjang ya? Itulah mengapa saya merasa belum siap untuk memulai money blogging bersama akun GA tercinta, sempat terfikir untuk berternak blog namun belum siap karena banyak faktor. Singkatnya, untuk beternak blog ini memerlukan dana, mulai dari membeli domain hingga pengelolaan. Belum lagi jika memiliki visi dn niat memanfaatkan jasa SEO dan AdWords.

Khusus untuk ternak blog dan melakukan peningkatan pendapatan dengan metode kampanye (modal diawal) akan dibahas selanjutnya sebab keduanya sama sama membutuhkan uang untuk jadi uang (gandakan!), jadi Saya kira masih memiliki relasi yang tepat untuk dijadikan sebagai topik pembahasan selanjutnya tentang cara meningkatkan Adsense dengan metode berbayar yang butuh modal.

Dari pada semakin tidak jelas Saya akhiri saja tulisan tentang bagaimana cara menaikan penghasilan Adsense untuk blog ini agar menjadi kaya raya merdeka! wkwk

SHARE

1 komentar:

  1. wah sangat menarik dan cukup dipahami gan artikelnya bagi saya pemula. salam kenal yah

    ReplyDelete