Membuat Blog dan Hasilkan Uang, Hobi atau Pekerjaan?

Mohon maaf sebelumnya, Saya rasa postingan kali ini akan menjadi sebuah tulisan yang cenderung cengengesan dan tidak seperti biasanya, sebab ditulis dengan santai dan apa adanya tapi saya jamin menyenangkan. Yeay!

Untuk mengawali tulisan, ijinkanlah Sam Arif bercerita tentang sebuah kisah... Ya elah!

Oke sekarang serius, pada pertengahan 2013 tepatnya mpat tahun yang lalu saya mengalami gejala keracunan rasa penasaran tentang bagaimana cara memiliki situs WEB sendiri. Apa Anda pernah alami hal serupa?

Kapan Pertama Kali Mengenal Blog, Blogger?

Chapter 1
Sebagai seorang pelajar SMA sudah tidak asing lagi dengan Internet justru terbiasa berada di Warnet hingga berhari-hari. Karena tuntutan rasa penasaran akhirnya berusaha mencari tahu secara detil tentang apa itu WEB dan bagaimana cara membuatnya hingga akhirnya menemukan sebuah artikel tentang cara membuat blog secara gratis melalui blogger.

Dengan educational background teknik mesin tentu wajar mengalami kesulitan pemahaman tentang dasar dasar pembuatan blog, tidak memahami apa itu domain, hosting. Di pusingkan oleh CSS HTMl dan lainnya. 

Memang dasarnya Google ajaib dan serba tahu, berkat guru maha sakti ini semua pertanyaan saya tentang tata cara bloging dari yang paling sederhana sampai teknik-teknik pendukungnya bisa saya pelajari secara otodidak bahkan hingga saat ini, Alhamdulillah Saya sendiri sudah berhasil membuat panduan bloging sederhana untuk pemula yang baru akan memulai membuat blog, silahkan baca disini :


Mempelajari blog sendiri, tanpa tahu harus berdiskusi (langsung) dengan siapa menyebabkan Saya akhirnya mengurungkan minat untuk memiliki blog, hingga suatu ketika bertemu dengan artikel yang membahas tentang tata cara meraih penghasilan bagi yang hobi ngeblog dan memiliki blog sediri, dikatakan bahwa sangat berpotensi untuk menjadikan blog (Hobi) sebagai pekerjaan.

Beragam caranya dan tak satupun saya mengerti, mulai dari Google Adsense, Internet Marketing, Iklan ini dan itu. Oh God! Pusing jilid-2. Tapi ternyata inilah yang kembali memacu Saya untuk kembali mengumpulkan niat memiliki blog. Meskipun pada akhirnya menghasilkan uang dari blog bukan lagi tujuan utama saya menulis blog, termasuk juga blog ini.


Membuat blog untuk belajar menulis, membagi informasi bermanfaat bagi orang lain dan sebagai media menempatkan passion dalam bentuk tulisan disertai sedkit harapan untuk mendapatkan penghasilan #samarif

Hobi Ngeblog Atau Kerja Dengan Blog

Chapter 2
Blogging sendiri merupakan bentuk aktifitas yang dapat dikategorikan sebagai hobi dan jika ditekuni dengan bersungguh-sungguh dapat dijadikan pekerjaan utama. Sebuah kegiatan bermanfaat bukan hanya untuk pelaku nya (Baca : blogger) namun juga berguna bagi khalayak melalui tulisan-tulisan bersifat informatif. Manfaat ini kemudian menjadi nilai jual.

Setiap blogger sudah pasti dan sangat wajar jika menerima berbagai pertanyaan sedikit offensive, misalnya saja dari orang terdekat. Kurang lebih selalu menanyakan tentang apa motivasi yang mendasari sampai rela meluangkan waktu atau bahkan menghabiskan sebagian besar harinya hanya untuk menulis, mengelola dan mempromosikan blog nya (bloging)

Seseorang dengan hobi menulis blog, dengan sendirinya akan memiliki bakat menulis dan memahami kriteria tulisan blog kreatif sehingga mampu menarik perhatian pembaca. Dan ini yang menjadi sebuah potensi untuk membawa hobi tersebut menjadi lebih bernilai (materil).

Sebaliknya, seorang pebisnis yang bercita-cita menjadikan blog sebagai sarana menemukan target konsumennya tentu akan lebih banyak belajar untuk itu.

Coba perhatikan dua jenis sub penjelasan sederhana berikut ini untuk memberikan pemahaman dan mampu menilai tentang apa sebenarnya manfaat dan motivasi memiliki blog, apakah untuk kepentingan hobi atau justru salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan secara online.

Kerja Online untuk Hasilkan Uang dengan Blog

Pada perkembangannya, bisnis Internet Marketing juga bekerja dengan media Blog. Sebuah blog/website yang dijadikan sebagai landing page (halaman seperti toko) dimana menampilkan produk - produk yang dijual lengkap dengan deskripsi, harga tiap-tiap produk dan disertai kalimat kalimat promosi. Jadi, bukankah blog juga merupakan salah satu perangkat penunjang pekerjaan?


Begini, salah satu cara umum yang paling dimanfaatkan oleh blogger (pengelola blog) untuk menghasilkan bayaran melalui blog nya adalah dengan mendaftar blog pada layanan periklanan milik Google yaitu Adsense (PPC). Salah satu jargon andalan Adsense sendiri adalah "dapatkan penghasilan dari hobi anda".

Jadi, membuat blog adalah sudah pasti hobi dengan segala manfaat positif dan dapat menghasilkan uang kan? Bukan kah seperti itu? Entahlah!

Faktanya, saat ini sudah sering digemborkan istilah bersifat ajakan untuk menjadi full time blogger. Sebuah istilah dimana secara tidak langsung mendefinisikan aktifitas blogging dapat dilakukan bukan hanya sebagai sampingan (paruh waktu) melainkan benar - benar menjadi sebuah pilihan pekerjaan untuk hasilkan uang.

Online Marketing
Sebagai informasi untuk pembaca yang belum pernah atau tidak begitu jelas tentang cara menghasilkan uang dari blog, akan coba Saya berikan gambaran sederhananya. Lebih mudahnya perhatikan ilustrasi berikut ini.

Membuat Blog dan Hasilkan Uang, Hobi atau Pekerjaan?
Online Marketing
Coba perhatikan gambar tersebut, kurang lebih cara kerja sistem ini adalah memanfaatkan kinerja optimasi cakupan blog dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) untuk mendapatkan kunjungan. Selain itu,dengan bantuan pemasaran teknik social media share, pengunjung akan diarahkan langsung menuju landing page (blog) yang diharapkan terjadi goal berupa transaksi.

Mitra Penayang Iklan (PPC) 
Untuk sistim ini sudah sangat sering dibahas. Blog didaftarkan menjadi mitra penayang iklan Pay Per Click dan semacamnya. Tayangan iklan dapat dilihat oleh pengunjung blog yang kemudian memberikan value berdasarkan perhitungan seperti jumlah tampilan iklan, jumlah klik iklan dan lain sebagainya.

Baca : Daftar Adsense Full Approve 2017, Hanya Butuh Email Baru

Begitu banyak cara yang dapat ditempuh untuk menjadikan aktifitas bloging sebagai pekerjaan utama (full time blogger), dikhawatirkan akan menjadi terlalu panjang makan Saya memutuskan untuk menuliskan lanjutannya pada kesempatan lain.

Punya Hobi Menulis Blog bisa Menghasilkan Uang

Membuat postingan konten untuk blog dengan tujuan memberikan pengetahuannya untuk orang lain, membagikan apa yang dimiliki dan menjalin interaksi sosial bahkan mungkin dapat dijadikan bahan diskusi langsung.

Menulis Informasi didalam sebuah halaman blog, dibaca dan disenangi oleh orang lain (pengunjung) akan memberikan manfaat bagi kedua pihak. Postingan blog informatif selalu memiliki nilai jual.

Bagaimana Cara Monetize blog?

Ini dia gan salah satu keajaiban  hobi nulis blog, iseng - iseng berhadia lah!

Blog dengan jumlah postingan cukup banyak, memiliki subscriber dan returned visitor (pengunjung yang kembali) dapat dilakukan monetize atau dalam bahasa Ibu di-uangkan. Untuk beberapa pihak, pengunjung blog yang datang untuk membaca dapat dianggap sebagai tamu terhormat yang dapat membawakan uang, bukan tuyul gan!

Coba scroll up pada bagian sub pertama, disana dibahas tentang program PPC dimana kunjungan blog sangat bernilai. Nah program ini sangat cocok bagi blogger bersama dengan blog nya yang memiliki pola fikir untuk tetap ngeblog demi menyalurkan ide dan kreatifitas tanpa batas, tapi apa salahnya jika memang bisa mendapatkan uang dengan semua itu? Seperti itulah kira-kira.

Selanjutnya, ada peluang yang muncul tanpa disadari bagi penggiat hobi menulis blog. Misalnya saja seorang blogger yang menulis blog tentang keahlian melakukian desain grafis. Sebagian besar postingan blognya merupakan hal-hal yang berkaitan dengan desain, kemudian mungkin saja akan menerima tanggapan positif dari pembacanya. 

Lalu dimana letak peluang itu?
Karena prinsipnya sebuah blog adalah media publikasi, berdasarkan kasus diatas sangat berpeluang mendatangkan rupiah jika penulis blog-nya berminat menempatkan iklan mandiri (iklan sendiri) yang kurang lebih seperti ini.

Terimakasih kepada pengunjung setia yang selalu mengapresiasi hasil desain saya, jika tertarik untuk bantuan desain kaos, bla bla bla dapat menghubungi saya melalui email dan menu kontak pada blog ini.

Ya kurang lebih seperti itu, Saya sendiri kurang piawai membuat kata kata promosi. Kata-kata tersebut dapat dibuat dalam bentuk postingan, banner atau yang lainnya asalkan memiliki visibilitas (dapat dilihat) oleh pengunjung.

Bagaimana dengan keahlian lain, fotografi? Atau kuliner? Dengan sedikit sentuhan kreatifitas semua memiliki nilai jual dan akan sangat mungkin. Dengan kata lain, Anda tetap dapat menulis blog sesuai passion dan bakat yang Anda miliki dan secara tidak langsung menempatkan diri Anda untuk membuka peluang bisnis dengan blog tersebut.

Untuk monetize blog juga masih banyak variasi caranya, mengikuti program affiliasi dengan cara membuat review terhadap suatu produk untuk pembaca anda selanjutnya mengarahkan mereka untuk membeli juga produk tersebut atau yang lainnya.

Intinya, monetisasi blog adalah sebuah upaya untuk tetap melakukan bloging dengan apa adanya namun selalu memiliki kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan atau uang dengan memanfaatkan blog tersebut. Berbeda dengan Sub sebelumnya yang memang bertujuan membangun blog sejak awal kali peluncurannya untuk meraup penghasilan. Enjoy!

Kesimpulan

Keduanya memiliki potensi menghasilkan uang, namun dalam cara dan sudut pandang berbeda. Apakah akan tetap melanjutkan-nya sebagai hobi namun menerima reward, atau bersedia mengambil pilihan untuk menjadi blogger sepenuhnya untuk tujuan mendapatkan uang.

Penting: Memutuskan untuk menjadi full time blogger dengan tujuan menjadikan blogging sebagai pekerjaan perlu menyesuaikan terhadap beberapa faktor seperti ketersedian waktu dan pemahaman Internet Marketing.

Semua aktifitas blogging sungguh sangat bermanfaat, selanjutnya terserah bagaimana teman pembaca apakah ingin memiliki blog khusus "jualan" atau membangun blog penuh eksistensi sehingga memiliki "nilai jual". 

SHARE

0 komentar:

Post a Comment