Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya

Teknik teknik dasar SEO sudah diterapkan, konsistensi posting sudah terjaga, kuantitas postingan juga sudah cukup banyak, tapi visitor tak kunjung datang. Apa penyebabnya? Semua blogger dan webmaster tentunya mengharapkan blognya selalu kebanjiran visitor baik itu organik maupun non-organik. Tapi kenyataannya dalam menarik visitor untuk membaca dan mengunjungi blog kita bukanlah perkara yang mudah.

Secara umum untuk mengatasi masalah sedikitnya jumlah kunjungan harian pada blog dapat diatasi dengan mengoptimalkan SEO baik itu On Page ataupun Off Page. Jika upaya tersebut pun telah dilakukan namun blog tetap sepi pengunjung, kira-kira apa penyebab-penyebabnya? Bagaimana cara efektif untuk mengatasinya? Sebelumnya silahkan baca terlebih dahulu artikel  SEO On/Off page pada tulisan : Teknik Dasar Membuat Blog SEO Friendly Google.

Saya kira tidak perlu menanyakan bagaimana perasaan Anda sebagai webmaster yang mungkin mengalami masalah stagnasi dan perkembangan lambat pada blog, Saya sendiri juga sering mengalami hal tersebut pada blog ini yang mana menerima kunjungan harian sangat sangat sedikit. Untuk itu pada tulisan kali ini saya berusaha menguraikan dan melakukan pemacahan masalah (Solving Problems) terkait kasus tersebut. Dengan harapan seandainya Anda adalah seorang pembaca (blogger) dengan kasus serupa, dapat menemukan hingga memberikan jalan keluar lewat tulisan ini.
Mengatasi blog sepi visitor
Trafik blog

Berapa jumlah minimum artikel untuk menerima trafik?

Salah satu faktor penyebab blog tidak menerima trafik dapat dikarenakan oleh minimnya artikel yang diterbitkan sehingga belum mampu membidik konsumen. Dengan begitu, akan sangat sedikit kunjungan dan Page View sebab pengunjung yang datang hanya menemukan sedikit artikel terkait, itupun jika tidak terjadi RTC (Read an Then Close). Tetapi, jika kuantitas tulisan sudah cukup banyak namun blog masih saja sepi pengunjung, mari lanjut ke-poin kedua.

Apakah blog sudah menerapkan SEO?

SEO bukan tolak ukur yang dapat menjamin blog kemudian menerima kunjungan tinggi, akan tetapi dengan menerapkan cara - cara Search Engine Optimization maka akan membantu blog lebih mudah ditemukan melalui mesin pencari. Upaya upaya yang dilakukan adalah misalnya beberapa sub dibawah yang sudah pernah saya tuliskan :

Apakah market niche anda sudah tepat sasaran? Maksudnya ialah optimalkah niche yang anda pilih? Niche yang tepat dan cocok adalah niche yang mengandung unsur informasi penting sehingga dibutuhkan oleh banyak orang, akan tetapi sebisa mungkin niche tersebut masih cukup jarang dituliskan dan ditemui pada Search Engine. Silahkan klik sub judul untuk membaca artikel lengkapnya.
Sama hal-nya dengan strategi memilih niche, artikel berkualitas juga perlu dipertimbangkan untuk memperluas jangkauan anda dalam menarik perhatian pengunjung sekaligus mesin pencari. Ini merupakan salah satu upaya yang cukup sulit bagi webmaster dimana harus melakukan analisa dan perhitungan tepat dalam membidik ide tulisan yang dibutuhkan pembaca, disenangi oleh robot perayap dan sedikit kompetitor.

Setelah menemukan ide artikel yang berkualitas dan tepat sasaran sesuia dengan apa niche yang telah ditentukan, tidak serta merta menjamin SEO pada tulisan tersebut. Seorang blogger harus memahami upaya - upaya dalam menganalisa, memilih, menentukan dan menyebar kata kunci agar artikel terlihat natural meskipun didalamnya terdapat kriteria - kriteria SEO yang diterapkan. Dalam pembuatannya sangat perlu pertimbangan ekstra agar pembaca menikmati dan memahami tulisan Anda tanpa menyadari bahwa ada sekian banyak penggunaan kata kunci untuk membidik halaman pertama mesin pencari.

Selanjutnya, seperti yang sudah disebutkan diawal tulisan ini bahwa salah satu penyebab blog menjadi sepi pengunjung adalah akibat dari minimnya artikel yang lebih lagi belum mampu menduduki halam pertama (Page One). Maka dari itu, dengan artikel yang sudah dioptimalkan SEO nya, merupakan informasi penting dan banyak dicari, apabila tidak terindeks dihalaman terdepan tentu saja menjadi sulit untuk ditemukan pengunjung.

Visitor organic (pengunjung organik) dibutuhkan untuk mempopulerkan blog kita agar spider terbiasa merayapi seluruh isi dari blog. Tidak perlu terlalu diambil pusing tentang bagaimana cara mendapatkan visitor organik, karena jika Anda sudah berusaha untuk memenuhi tiga poin diatas, visitor organik akan datang sendirinya. Secara tidak langsung saya mengatakan bahwa sub - sub judul ini adalah cara - cara yang dapat diterapkan demi mengatasi masalah sepinya kunjungan pada blog.

Dan akhirnya, jika dirasa Anda sudah sangat familiar terhadap uraian diatas bahkan merasa sudah menerapkan seluruhnya dengan baik, ada satu lagi faktor yang menjadi penyebab blog sepi pengunjung. Yang dimaksudkan adalah faktor unik pada blog dan pada diri Anda sebagai pengelolanya. Seperti apa detilnya faktor unik tersebut?

Bahasa Penulisan yang digunakan

Saya menulis menggunakan bahasa yang apa adanya dan biasa digunakan dalam metode penyampaian sesuai kemampuan. Nah, jika Anda teliti Saya yakin akan menyadari faktor-faktor unik dari blog-blog lainnya yang memiliki kunjungan dan trafik tinggi. 

Penggunaan Keyword Natural

Keyword natural bagi Saya adalah keyword dengan keadaan apa adanya sesuai dengan apa yang sering diketikkan pada search engine. Bagaimana bisa justru keyword yang apa adanya dan entah menduduki halaman sekian di hasil pencarian justru menerima kunjungan tinggi?
Tidak semua orang mengerti tentang keyword, dalam artian pembaca yang bukan seorang webmaster. Ini merupakan pengalaman dari hasil survey terhadap orang terdekat Saya, dimana justru melakukan skip sampai dengan halaman diatas halaman tiga bahkan lima untuk menemukan judul yang sesuai dengan apa yang diketikkannya pada halaman pencaraian, sangat wajar. Namun jika Anda berfikir untuk menggunakan kata kunci yang apa adanya, saya kira Anda/Saya telah merubah pola pikir tentang memilih kata kunci, sebaiknya skip saja ke poin berikutnya.

Menuliskan yang difikirkan atau yang "mereka" butuhkan?

Saya cenderung menulis apa yang sedang terlintas dikepala dan bahkan terkadang tidak memperhatikan faktor penentu keberhasilan tulisan seperti keyword, kompetitor, hingga kuantitas tulisan serupa yang sudah pernah diterbitkan oleh orang lain. Itulah mengapa artikel - artikel saya cenderung membahas hal-hal yang sudah menjamur. Memang awal pembuatan blog ini direncanakan hanya untuk menampung ide ide yang muncul diluar dari blog-blog niche milik saya, atau dapat dikatakan general blog.
Padahal, mereka dalam tanda kutip adalah dua subjek berdeda, keduanya sama sama membutuhkan informasi fresh, unik dan langka. Siapa mereka? Mereka adalah target konsumen atau pengunjung dan Robot atau spider mesin pencari. Jadi, dengan kata lain Blogger agar sebisanya memenuhi kemauan dari pembaca dan juga Robot Google, dengan begitu blog anda akan memuat konten yang dibutuhkan oleh keduanya.

Jangan khawatir tentang minimnya trafik yang diterima, mari kita upayakan bersama agar blog kesayangan kita masing-masing menjadi blog yang bermanfaat bagi pengunjung dan masyarakat luas sambil terus berjuang memperbaiki dan mengatasi keadaan stagnasi ini. Salam.
SHARE

1 komentar:

  1. wah makasih mas infonya.. pantesan sering sepi blog ane hehe

    ReplyDelete