Tutorial Blogging Khusus Pemula, Cara Mengelola Blog Dengan Tepat

Sampai juga pada bagian akhir tutorial blogging: cara mengelola blog. Setelah sebelumnya diberikan panduan lengkap mengenai bagaimana langkah persiapan membuat blog, dilengkapi dengan teknik SEO yang paling dasar yaitu melakukan analisa keyword yang silahkan dibaca pada panduan blogging khusus pemula bagian satu dan dua.

Panduan Blogging: Tutorial Blog Lengkap Khusus Pemula, Membuat Blog

Panduan Blogging, Tutorial Blog Lengkap Khusus Pemula, Teknik Dasar SEO

Mengelola blog tidak akan terasa begitu rumit jika saja telah melakukan persiapan dengan tepat sebelum blog tersebut diluncurkan. Dasar-dasar SEO sudah sangat sering dibahas, diterapkan dan dapat dipelajari langsung sesuai dengan kemampuan pemahaman masing - masing dalam memilih teknik dengan tepat.

Kunci sukses mengelola blog adalah keyakinan, niat dan mental "tahan banting". Sebagai seorang blogger akan selalu menemui fase dimana merasakan kejenuhan dan rasa putus asa sebab selama mengelola blog menemukan beragam permasalahan, sebut saja minimnya trafik dan page view atau justru dari segi pengelolaan konten yang biasanya dialami adalah kehabisan ide untuk memperbarui konten tulisan di blog nya. 

Mundur, dan meninggalkan blog tidak terurus akan menjadi sebuah catatan buruk dan berarti Anda telah membuat waktu anda selama mengelola blog menjadi sangat sia-sia. Bukan hanya waktu, namun juga uang sebagai modal untuk membeli domain dan koneksi internet misalnya. Untuk itu, Tutorial blogging khusus pemula yang saya berikan ini tidak hanya sebatas memberikan panduan blogging untuk mengelola blog dengan tepat, namun sedapat mingkin akan memberikan motivasi mendalam agar pembaca blog ini menemukan gairah (passion) untuk terus dan terus berikhtiar, fokus, dan termotivasi untuk membawa blog nya menjadi populer, hingga semoga saja dapat memberikan reward berupa kesempatan untuk meraih penghasilan dengan blog yang dikelola tersebut.

Pada tutorial blog bagian kedua, sudah sempat disinggung mengenai Google Webmaster Tool namun belum dibahas sedikitpun mengenai layanan milik google tersebut. Maka dari itu, mengingat kaitan tool tersebut lebih cenderung dan cocok untuk dibahas pada bagian tutorial blogging khusus pemula chapter 3, tentang tata cara mengelola blog dengan tepat.

tutorial blog lengkap cara mengelola blog
Happy Blogging!



Tentang cara mengelola blog, selama ini pemahaman mengenai hal ini hanya terbatas pada pola fikir untuk membuat, menulis dan memperbarui konten. Jiga ditinjau lebih jauh, lebih daripada itu. Tentunya dengan memepertimbangkan ketersedian waktu, dengan kata lain berorientasi pada apa saja yang dapat dilakukan untuk mengelola blog dengan tepat untuk blogger spare time (paruh waktu).

Mengapa dikatakan demikian, sebab hingga saat ini blogging sudah dilakukan sebagai pekerjaan bagi mereka yang menjadikan hobi ini sebagai pekerjaan, sebut saja full time blogger. Memang menggiurkan jika melirik penghasilan yang didapatkan oleh pelaku blogging full time. Jangan khawatir, sekalipun panduan blog inimkhusus pemula dan terbatas untuk blogger yang sesekali melakukan pengelolaannya, jika berniat menjadi blogger full time Anda dapat melakukan pengembangan panduan ini menyesuaikan kebutuhan dan keadaan.

Berikut ini merupakan cara mengelola blog yang dapat Anda lakukan, pahamilah setiap poinnya sehingga dapat di lakukan perbandingan (compare) sesuai dengan kebutuhan blog Anda. Selalu Saya tekankan untuk memprioritaskan kualitas konten sebelum kuantitas, sebenar-benarnya kualitas blog bukan hanya berdasarkan penilaian pengunjung semata, Search Engine juga menjadi "target" yang harus dimengerti kebutuhannya sebelum diterima oleh target utama  (pengunjung).

Membuat Tulisan Yang Baik dan Tepat Untuk Blog

Apa yang dapat dijadikan patokan untuk tulisan dengan kategori baik dan tepat? Sebagai blogger dan author (penulis) tentu  tidak dapat melakukan penilain oleh Anda sendiri, tapi tunggu! Ada cara tersendiri untuk mengetahui seberapa baik tulisan dan konten blog Anda, lebih jelasnya lagi mengetahui kualitas blog anda secara menyeluruh dari sudut pandang Search Engine.

Jelas saja, untuk mendapatkan apresiasi dari segi konten ada dua pihak berbeda yang harus menjadi pertimbangan ekstra, ini menjadi tuntutan yang terkadang memang cukup memberatkan dan menyulitkan pengelola blog ketika harus memberikan konten yang sifatnya informatif dan memiliki daya guna selain bagi pengunjung blog juga untuk mesin pencari. Kenapa harus seperti itu? Karena apa yang telah Anda kerjakan dengan blog, tetap harus melewati fase crawling dan indexing terlebih dahulu.


Melakukan Riset Kata Kunci dan Lainnya
Keduanya harus diprioritaskan sebelum benar - benar konten berupa tulisan (artikel) diterbitkan, jika dilihat mundur maka akan kembali pada tahapan riset dimana akan melakukan analisa tentang apa, siapa, dan seperti apa artikel yang baik dan tepat untuk blog Anda.

Agar terbentuknya kerangka tulisan yang berkualitas sedapat mungkin anda harus berupaya penuh dalam melakukan riset. Apa saja yang perlu dianalisa untuk memenuhi syarat tersebut? 

Apa saja yang harus Anda riset sebelum membuat artikel? Sudah pernah saya tulis namun tidak ada salahnya kembali saya paparkan sedikit disini.
  • Riset Kata Kunci (Reyword Researh)
Bagaimana sebenarnya melakukan riset keyword dan strategi seperti apa yang harus diupayakan demi mendapatkan sebuah kata kunci yang akurat dan tepat? 

Banyak cara untuk mempelajari bidang SEO dasar ini, meskipun bukan satu-satunya kunci kesuksesan blog, ketepatan dalam menggunakan keyword adalah salah satu upaya mengirimkan blog pada mesin pencari dan bersaing untuk menjadi yang teratas disana.

  • Riset Data Pendukung 
Data pendukung lebih nyaman didefinisikan sebagai kelengkapan pendukung keyword. Dengan memilih kata kunci tepat, tetapi mengabaikan kelengkapannya dalam penulisan artikel hanya akan menyebabkan kesimpang siuran isi. Oleh karenanya, untuk memperkuat argumen serta referensi penulisan perlu kiranya melakukan research lebih mendalam. Sebagai author dan webmaster, bukan hanya sekedar meraih jumlah kunjungan yang menjadi patokan utama, kebutuhan konsumen selalu nomor wahid.

  • Riset Kemungkinan Perluasan Ide (Expand Research)
Setiap ide tulisan selalu memiliki kemungkinan untuk dilakukan perluasan didalamnya. Sudah menjadi keharusan bahwa blogger semampunya membuat tulisan informatif dimana memberikan pengetahuan berupa informasi sesuai dengan apa yang ditujukan dan juga haruslah dilengkapi dengan data data pendukung lainnya seperti relasi pokok bahasan dengan memasukan (include) topik topik yang juga memiliki keterkaitan dengan apa yang sedang dituliskan. Sebuah perluasan ide biasanya timbul dari pertanyaan, opini, dan hal lain. Agar tulisan penuh dengan informasi penting, sebuah perluasan ide dibutuhkan dalam penulisan konten agar pembaca mendapatkan sebaik-baiknya pengetahuan. Lebih baiknya, pengunjung akan bertahan untuk membaca setiap detil dari artikel tersebut.

Silahkan perhatikan setiap rekomendasi pihak google pada bagian bawah halaman penelusuran. Akan ditampilkan query berupa keyword yang juga diketikkan pengguna dan pastinya berkaitan dengan keyword terpilih.


Melakukan Eliminasi Terhadap Jenis Tulisan

Berjuanglah agar Anda dikenali sebagai blogger dengan kemampuan mebuat setiap postingan yang banyak dicari atau dibutuhkan namun masih sulit ditemukan oleh mesin pencari, jika berhasil menerapkannya search engine (google) akan 'dengan senang hati' memprioritaskan Blog Anda.Seperti apa pemenuhan kriteria tersebut?

tutorial blog lengkap cara mengelola blog
Temukan Ide!

  • Konten Langka
Tulisan seputar topik dengan jumlah sedikit, sulit untuk ditemukan hasil akuratnya pada pencarian. Tetapi jika ditelaah lebih dalam lagi konten ini memiliki peminat atau minimal berpotensi untuk diketikan pada form pencarian. Cukup sulit menganalisa jenis konten langka, tetapi jika sudah terbiasa akan jadi semudah kedengarannya.

  • Konten Yang Sedang Menjadi Trend
Sesekali buat juga tulisan dimana sedang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Berkaca pada apa yang sering menjadi viral di Tanah Air, masa bertahan topik trending dapat dimanfaatkan untuk mendongkrak trafik dan memperkenalkan blog. Lebih jelasnya, ketika blogger membidik sebuah topik dengan potensi viral atau dengan kata lain mampu mempublishkan konten sebelum benar benar viral, ada peluang bagi blognya untuk menjaring kunjungan dalam skala besar. Jika itu sampai terjadi, artikel lain yang belum menerima tampilan akan terbantu akibat mudah ditemui melalui widget-widget dari template dengan menampilkan related post, popular post atau random post. Manfaatkan google trends untuk mengintip apa saja topik dengan potensi booming terbaru.


Perhatikan Kelengkapan Konten
Konten berkualitas tidak hanya tepat kata kunci, kelengkapan konten berupa data data yang dimuat dalam susunan sistematis juga harus dioptimalkan seefesien mungkin. Beberapa kelengkapan konten akan turut memberikan kontribusi terhadap nilai jual konten itu sendiri
  • Berapa Jumlah Kata Untuk Artikel
Jangan pernah membaatasai dan menargetkan tulisan untuk memiliki jumlah kata dengan terlebih dahulu ditentukan. Lakukan saja pembuatan konten dengan sepenuh hati tanpa harus membabani diri dengan target tulisan sekian ribu kata. Jika ditinjau melalui search engine, beberapa kompetitor blog dengan niche blogging memiliki jumlah kata diatas dua ribu, maka dari itu hingga saat ini masih sangat sulit menggeser blog tersebut. 


  • Penggunaan Internal Link 
Optimalkan untuk menautkan link internal, teknik ini diyakini mampu membantu untuk mengangkat tulisan lain yang sudah lebih dulu dipublikasikan namun perl;u untuk diperhatikan bahwa sebaiknya tautan link yang ada pada tulisan memiliki relevansi dan dengan tujuan untuk memberikan informasi penting pada pengeunjung. Walaupun memang juga dapat dijadikan salah satu cara untuk menahan pengunjung dengan membaca artikel lain yang akan berpengaruh pada bounce rate.


  • Penggunaan Gambar dan Img Alt
Lengkapi setiap postingan konten dengan atribut pendukung seperti gambar, tidak perlu menguploud terlalu banyak gambar dalam setiap postinga karena akan memberatkan loading session nantinya. Cukup gunakan gambar yang setidaknya mampu mendeskripsikan maksud dan tujuan utama postingan Anda tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan Image Alt untuk tiap tiap gambar yang dimasukkan dalam postingan.

Cara Memperbarui Tulisan Lama ( Update Postingan )


Mengedepankan kualitas tulisan, sebagian penggiat blogging merasa hal ini perlu dilakukan "sesekali" untuk memperbaiki kinerja postingan yang telah lalu agar kembali dikualifikasikan oleh search engine. Apakah benar seperti itu? Apakah update akan memperbaiki posisi pada SERP? Ya!, Tapi sub ini tidak ditujukan untuk pemahaman tersebut.

 Poin utama yang perlu digaris bawahi adalah bahwa memperbaiki dan meng-up-date tulisan semata mata untuk menyesuaikan keadaan tulisan yang telah lampau, usang sehingga lebih fresh meskipun sudah dipublikasikan pada jangka waktu cukup lama.  Memperbarui tulisan lama berlaku untuk semua jenis blog dan semua niche, sebab semua bahasan mungkin saja tidak bersifat dinamis dan dapat memiliki pergeseran makna pada masa mendatang. Lalu bagaimana cara memperbaiki tulisan tentunya dengan mengedepankan kualitas?

Berdasarkan hasil analisa, beberapa blogger membuat postingan baru dengan topik sama serta menambahkan label pada postingan lampau dengan catatan yang pada intinya mengatakan bahwa postingan dimaksud sudah out of date, kadaluarsa, atau sudah tidak lagi sesuai dengan fakta yang ada. Diberikan internal link untuk menggiring pengunjung yang sudah terlanjur masuk pada halaman tersebut untuk mengunjungi halaman pembaruan, alhasil postingan tersebut tetap ada dan posisinya pada SERP tidak akan berubah, dan menambah kuantitas jumlah postingan. Ini adalah salah satunya.

Sedangkan cara lain adalah langsung mengupdate tulisan lama dengan data perkembangan terbaru, dilakukan perombakan menyeluruh untuk menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Adakah resikonya? Tentu ada! Dengan cara ini secara spontan akan membawa tulisan harus di rayapi serta di index ulang oleh spider-bot. Resiko terburuknya adalah mengalami perubahan posisi pada search engine, perlu kejelian untuki mensiasatinya.

Cara Mengoptimalkan Kinerja Blog

Konten bagus tidak selalu dapat ditemukan oleh target, inilah yang perlu diperdalam dari sebuah kegiatan blogging. Agar karya tulis atau konten milik anda segera diterima, selalu lakukan upaya upaya terbaik untuk mengangkat atau memperbaiki kinerja blog Anda, perhatikanlah dua teknik berikut ini dan terapkan untuk mendapatkan kinerja maksimal.

Menggunakan Google Webmaster
Google webmaster tidak hanya berlaku bagi blog dengan platform blogger yang notabene adalah milik perusahan raksasa itu sendiri, platform lain juga dapat memanfaatkan peralatan web ini untuk memperjuangkan blognya dalam pengiriman data pada Search Engine google.

Memantau lalu lintas perayapan, pengiriman permintaan crawling sampai menganalisa postingan yang telah terindex dapat dimanage langsung melalui tools ini selama tidak menghapus, menghilangkan atau merubah kode script penghubung blog (template) dengan webmaster tool.

Penggunaannya sangat sederhana, memerlukan akun google dan sebaiknya dibuat satu akun saja dengan akun pengelola blog, untuk tata cara mendaftar hingga menggunakan tiap - tiap layanan webmaster tools dapat diperhatikan pada langkah langkah berikut ini :

Mendaftar ke Webmaster

Masuk kehalaman pendaftaran webmaster.  Lengkapi formulir pendaftaran dann tambahkan properti baru, ikuti saja apa yang ditampilkan pada workspace webmaster.

Memasang kode HTML untuk verifikasi

Setelah memiliki akun dan menambahkan blog anda dalam properti, selanjutnya akan dimintai agar melakukan verifikasi pengaitan situs dengan tools webmaster. Tertera beberapa cara verifikasi yang dapat dilakukan, yang paling mudah adalah menggunakan kode HTML. Klik verifikasi dengan kode html, selanjutnya pada tab baru buka editor Tema HTML, pastekan script verifikasi yang anda tepat dibawah tag <head> lalu simpan. Kembali lagi ke webmaster dan klik verifikasi

Submit url untuk meminta perayapan

Salin URL postingan dan seleksi kemudian tempet URL tersebut ke- kolom yang ada disebelah properti, lalu fetch dan request indexing.

Tingkatkan Kinerja Blog dengan Melakukan Optimasi SEO


Optimasi SEO memiliki ragam jenis yang berbeda, bahkan saat ini telah dikenal dua jalur optimasi Search Engine yaitu Onpage dan Offpage, keduanya sama sama penting. Baca artikel mengenai SEO lebih jauh di artikel tentang : Teknik Dasar Membuat Blog Lebih SEO Friendly.

Cara Melakukan Promosi Blog Dengan Tepat

Selain promosi berbayar, misalnya meminta jasa blogger lain untuk memperkenalkan blog baru ataupun menggunakan layanan milik google (adword), manual promotion dapat dilakukan langsung dan gratis. Manfaatkan sosial media dalam mempromosikan blog seperti apa yang sudah dilakukan para blogger lain juga youtuber. Seperti apa cara bersponsor untuk memperkenalkan blog dengan baik?

Promosikan Blog dengan Social Media


Sosial media menjadi sarana vital bagi para pengembang situs, berkaca pada pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia, rasanya sangat potensial untuk menaikan kapasitas view harian melalui fitur berbagi melalui sosmed,.
  • Promosi Blog dengan Facebook Fanspage
Salah satu sosial media dengan jumlah pengguna meliputi hampir sebagian besar orang di Tanah Air menjadikan media ini sangat berpotensi untuk melakukan promosi khususnya blog. Didukung dengan perkembangan penggunaan smartphone menjadikan setiap orang dengan sangat mudah untuk memiliki akun facebook, dan salah satu fitur dari media ini adalah fanspage atau halaman fans.
Melakukan promosi melalui halaman dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan dengan jenis visitor non organik.
Baca: Cara Meningkatkan Kunjungan Blog Dengan Cepat dan Mudah
  • Promosi Blog dengan Share Artikel (Akun Pribadi)
Sama dengan promosi melalui fanspage, Anda juga dapat melakukan promosi melalui akun pribadi. Namun bagi sebagian orang mereka kurang menyukai cara ini karena alasan dengan melakukan share ke akun pribadi merasa melakukan spamming.


Melakukan Blogwalking dan Daftar Anggota Forum Aktif

Tidak dapat dipungkiri, menjadi blogger dan sekaligus penulis blog memaksa untuk selalu membaca dan terus membaca demi menambah pengetahuan. Tidak ada salahnya melakukan blog walking pada setiap situs yang Anda kunjungi meskipun tidak relevan dengan tema utama blog anda. Setidaknya Anda telah mencoba menghargai sesama blogger dengan meninggalkan komentar atau sedikit testimoni atas apa yang telah anda dapat dari membaca blog miliknya.

Dengan forum Anda dapat menjalin hubungan dengan blogger lain, keuntungannya akan dirasakan ketika sedang menemukan keterbatasan wawasan anda dapat saja dengan mudah membuat pertanyaan pada forum tersebut yang sejatinya sah-sah saja hasil diskusi tersebut dijadikan bahan untuk postingan artikel di blog anda nantinya.

Aktif lah memberi kontribusi dalam menjawab pertanyaan member forum lainnya, tampilkan profil anda menjadi visible dan jika anggota lain merasa bahwa anda adalah seorang yang memiliki pengetahuan lebih baik, mereka akan berusaha mencari tahu tentang siapa anda sebenarnya dan berusaha menemukan blog milik anda.

Cara Melakukan Link Building ( Tanam Backlink )

Sudah sejak lama backlinks dipercaya mampu membawa blog menjadi lebih diunggulkan dihalaman hasil pencarian (SERP), dikatan pula memiliki peran penting terhadap SEO. Untuk definisinya adalah sebagai berikut:
Secara bahasa, backlinks dapat diartikan link kembali. Link berupa inbound link dimana sebuah link website berada dan tertaut ataupun tertanam pada website lain"
Jadi gampangnya , backlinks bagi blog adalah alamat, url atau penautan link aktif yang seandainya di lakukan klik akan mendirect subjek menuju blog lain berdasarkan rujukan link tersebut.

Untuk menanam link seperti ini cukup mudah seandainya mengesampingkan aspek penting dalam penanaman (penerapan) nya, melalui form komentar salah satunya. Sayangnya, dengan cara tersebut cenderung dianggap spam oleh pemilik blog dimana tertanam link aktif. Sehingga tidaklah dianjurkan kecuali blog tempat anda berbagi link adalah blog dofollow.
Cara menanam backlink paling epic, proffesional adalah natural backlink, bukan cara tetapi lebih condong merupakan hasil nyata dan keprofesionalan sehingga blog anda selalu di mention, sebagai rujukan atau refferensi dari blog/blogger lain.


Itulah beberapa aktifitas blogging secara umum dan baiknya dilakukan menyesuaikan dengan keadaan blog yang sedang digarap. Ingat, setiap kegiatan blogging harus dilakukan dengan tujuan meningkatkan kapabilitas blog namun tidak dianjurkan memilih cara cepat dan beresiko. Hindari SEO Black Hat dan beberapa teknik yang mungkin saja justru menjatuhkan blog Anda hingga mendapat sanksi atau penalti.

Saya kira cukup disini panduan blogging khusus pemula versi samarif.com/ apabila ada beberapa penjelasan yang kurang tepat dan sulit dipahami, dengan kerendahan hati Saya selaku kontributor mengharapkan kritik dan saran serta masukan melalui kolom komentar atau mengirim email langsung.

SHARE

0 komentar:

Post a Comment