Panduan Membuat Blog Gratis Tutorial Lengkap Khusus Pemula

Anda baru mengenal blogging? Berencana untuk membuat dan mengelola blog, tapi bingung harus mulai dari mana?
Mungkin saja Anda membutuhkan panduan berupa tutorial blogging lengkap berikut ini, berisi langkah lengkap membuat blog dari nol hingga menjadi blog yang dikenal oleh banyak orang. 

Panduan ini benar-benar akan ditujukan khusus pemula, untuk siapapun yang ingin memulai aktifitas blogging. Tutorial blogging lengkap ini sudah dioptimalkan, disederhanakan dan diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemula dalam merencanakan, membangun dan mengelola blog dengan mudah dan tepat sasaran.

Panduan Membuat Blog Gratis Tutorial Lengkap Khusus Pemula
Panduan Blog Lengkap


Dikemas dalam beberapa langkah mudah, dilengkapi dengan penggunaan gambar - gambar sebagai media bantu penyederhanaan penyampaian serta pemahaman Anda. Tutorial blogging dengan menggunakan layanan jasa blog gratis milik Google, Blogger.com.

Perlu untuk diketahui sebelumnya, kemungkinan dalam serangkaian panduan ini akan menggunakan istilah blogger dan disepakati bersama bahwa dalam panduan blogging ini, istilah tersebut memiliki artian sebagai subjek (Pengelola blog), seperti yang sudah digunakan oleh sebagian besar penggiat di Indonesia sejak sekian lama.

Agar lebih mudah dan tepat sasaran, usahakan untuk memahami detil dari tiap - tiap poinnya. Untuk poin atau langkah pertama akan dimulai dari :

1. Tahapan Perencanaan Blog Khusus Pemula

Langkah pertama diawali pada perencanaan, dimana ada beberapa aspek mendasar dan perlu dipertimbangkan sebelum benar benar memulai dan memiliki blog Anda. Mengapa diperlukan perencanaan? Ditujukan sebagai upaya antisipasi kesalahan terhadap pemahaman yang berkembang selama ini. Dimana banyak ditemui kemunculan blogger baru dan berhenti begitu saja akibat dari kesalahan persepsi sejak langkah startup. Untuk itu perhatikanlah apa saja yang Anda perlu persiapkan baik-baik sebelumnya :
  • Pilih Niche Blog dan Target Konsumen
Apa itu niche didalam blog?
Tentukan terlebih dahulu niche anda, niche adalah sebagian besar atau keseluruhan tema bahasan yang akan digunakan dalam mengisi, mempublikasi dan memperbarui konten didalam blog nantinya.

Niche blog adalah pokok pembahasan atau tema utama untuk sebuah blog yang terfokus, dan cenderung menjadi identitas dari sebuah situs, sebuah kekhususan topik yang ada pada situs tersebut dan menjadi bahasan utama yang berkesinambungan serta memiliki keterkaitan antara satu dan yang lainnya. Baca lebih lanjut (in new tab) Klik disini.

Untuk memilih niche, Anda direkomendasikan agar  menggunakan topik yang sudah anda kuasai karena akan berpengaruh terhadap masa depan blog. Sebagai pedoman, coba pertimbangkan beberapa keahlian dan keseharian Anda, misalkan : Pemasaran (Toko Online), Hobi, atau apapun yang benar benar mampu membangkitkan passion anda dalam menulis artikel blog.

Silahkan telusuri artikel terkait menggunakan menu navigasi pencarian di blog ini untuk mengetahui strategi memilih niche dan contoh niche blog dengan kata kunci NICHE.

Siapa konsumen blog Anda nantinya? 
Mengapa Anda perlu menetapkan target konsumen pada rencana awal adalah sebagai modal dalam memperkuat opsi anda ketika memilih topik (baca ; niche) blog Anda. Anda perlu menganalisa lebih jauh tentang siapa saja yang akan membutuhkan informasi dari blog Anda nantinya, tentang seberapa bagus prospek kedepannya dengan mengacu pada tingkat kebutuhan informasi akan topik tersebut, serta termasuk didalamnya seberapa sulit persaingan dengan kompetitor (blogger) lain.

Salah satu kaitannya dengan pemilihan topik adalah untuk memprediksi apakah topik terpilih diminati oleh orang lain (target konsumen) nantinya. Misal: jika anda memilih niche berdasarkan hobi, perkirakanlah apakah hobi serupa juga dominan dimiliki oleh orang lain? Jika Ya!, sudah pasti kompetitor atau pesaingnya juga cukup banyak. Tetapi kalau memang tema tersebut merupakan passion terbaik, faktor kompetisi harus disingkirkan karena dengan panduan blogging ini Anda diharapkan akan mampu mengatasinya.
  • Rencanakan Nama Blog ( Domain)
Setiap blog memiliki nama, ketika Anda memikirkan sebuah nama pasti cenderung memilih sesuai dengan faktor ketertarikan pada hal-hal tertentu, seperti hobi, nama panggilan, dan lainnya. 

Dewasa ini seringkali nama blog dikatakan memiliki kontribusi terhadap kesuksesan membangun blog. Didalam blog juga dikenal istilah nama domain. Domain itu sendiri merupakan alamat website (URL). Pada dasarnya nama blog dan domain adalah dua hal yang berbeda, namun dalam merencanakan blog akan sangat memiliki keterkaitan yang perlu difikirkan agar tidak terjadi ketidak-puasan dikemudian hari.

Memilih Nama Blog
Sebagai contoh mudahnya, jika sebuah blog dimaksudkan akan memuat konten toko online, kira-kira apa nama blog yang sesuai? Sebut saja Tokopedia, sebuah situs marketing raksasa. Situs dengan namanya sudah mengandung unsur yang mampu mendeskripsikan isi dari situs itu sendiri, unsur kata "toko" secara tidak langsung men - direct pengunjung (Konsumen) untuk beranggapan bahwa website merupakan tempat jual-beli berbasis online.

Pemilihan Alamat (Nama Domain) Blog
Ada dua macam kategori yang dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika memilih nama domain, keduanya adalah EMD (Exact Match Domain) dan Branded Domain.
Pertama, cara pemilihan domain dengan menyocokan kata kunci, dengan cara ini blogger memilih alamat (URL) menyesuaikan dengan niche dan nama blognya, tujuannya adalah untuk mencocokan kata kunci (keyword). Masih dengan contoh yang sama, Tokopedia.com merupakan salah satu contoh website dengan menggunakan penekanan kata kunci utama. Permasalahannya, nama domain hanya dapat digunakan oleh satu situs saja. Sehingga untuk menggunakan EMD cenderung sulit akibat sudah lebih dahulu digunakan.

Selanjutnya adalah brandable, anggap saja sebagai contoh adalah sebuah blog dengan topik kesehatan dengan nama blog "Tips Kesehatan", namun ternyata memilih URL yang sama sekali tidak terdapat kecocokan di dalamnya, mungkin hanya akan menggunakan nama panggilan dari blogger itu sendiri seperti apa yang saya terapkan. Tujuannya adalah menciptakan brand (Merek dagang) sendiri.
Ex. Facebook.com, Gimmefive.Org, Gimmesix.Net dll. Silahkan tentukan pilihan apakah Anda ingin menciptakan brand sendiri, atau membidik kata kunci yang cocok.

  • Mempersiapkan Tampilan Blog
Ketika mendaftarkan akun dan membuat blog melalui layanan blogger.com, anda akan dihadapkan pada pilihan template tampilan blog standard. Kasusnya, karena tampilan standar yang sudah disediakan terlihat kurang moderen, beberapa orang memilih menggunakan template hasil custom buatan desainer tama dimana dapat digunakan dengan cuma-cuma ataupun versi berbayar.

Jika berencana menggunakan template tidak standar, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Baca tata cara penerapannya yang diberikan pada folder hasil unduh. Patuhi setiap aturan yang diberikan oleh desainer jika Anda akan menggunakan template custom gratisnya. Sebagai rekomendasi, kunjungi situs contohblog.com yang menyediakan cukup banyak template gratis lengkap dengan berbagai tutorial mengenai template.

  • Pembuatan Konten Perdana
Sebelum benar benar meluncurkan situs dan memulai blogging, usahakan membuat minimal lima buah artikel (konsep) sebagai bakal konten perdana. Tujuannya untuk menguji keseriusan dan kredibilitas Anda sesuai dengan topik/niche yang sudah dipilih. 
Membuat konsep artikel akan sangat berguna agar setelah melakukan segala persiapan nantinya blog juga sudah terisi dengan beberapa artikel sehingga untuk kelanjutannya dapat dilakukan dengan lebih santai karena sudah memiliki acuan pada postingan. Selengkapnya baca : Cara membuat blog bertahan lama. 
Kutipan diatas diambil dari salah satu artikel blog Sam Arif, sudah pernah dipublishkan namun tertarget hanya bagi konsumen yang sudah pernah membuat blog sebelumnya.
Inti dari tujuan pembuatan konsep adalah menumbuhkan semangat dan gairah (passion) menulis.

Panduan Blogging: Tutorial Blog Lengkap, Membuat Blog Khusus Pemula
Buat Konsep Artikel


Karena faktanya, penyebab putus asa dan memilih mundur blogger pemula tersebut dikarenakan merasa sudah kehabisan ide dalam menulis artikel untuk memperbanyak konten blognya. Tentu sangat disayangkan dan dengan tutorial blog lengkap ini Saya tidak ingin Anda mengalami hal serupa dan tentunya itu hanya akan menjadi aktifitas sia-sia dan mengalami rugi terhadap waktu.

Tapi setidaknya jika sudah memiliki beberapa konten diawal, selanjutnya hanya harus mengupayakan membuat konten baru dan relevan dengan konsep yang sudah lebih dulu dibuat tersebut. Dan untuk strategi dalam menemukan ide tulisan dapat ditelusuri melalui samarif.com dengan keyword Cara mengatasi kesulitan menemukan ide dalam menulis blog. 

Itu adalah tahapan perencanaan yang perlu Anda persiapkan sebelum memasuki dashboard blogger.com. Empat buah tahap penting yang diproyeksikan akan menjadi sebuah pondasi sebelum akhirnya anda benar benar membangun sebuah blog.

Selanjutnya, panduan blogging ini memang di khususkan bagi pemula yang prefer dan tertarik untuk memiliki blog berdasarkan platform blogger.com, untuk itu pada langkah selanjutnya adalah memulai membuat akun Google mail dan blogger.


2. Membuat Blog Dengan Blogger.com

Kembali lagi saya tegaskan bahwasannya panduan blogging lengkap khusus pemula ini hanya akan menjelaskan tata cara atau tutorial blog dengan menggunakan layanan blogger.com.

Kenapa harus blogger.com?
Alasan utamanya adalah karena tutorial ini ditujukan khusus bagi pemula, tentunya sebagai orang yang benar-benar baru akan memulai blogging sebisa mungkin meminimalisir resiko dan menekan biasa untuk itu semua. Blogger menyediakan layanan blog gratis tanpa harus membayar sedikitpun. Lebih lagi, platform ini memiliki banyak template hasil kostumisasi para desainer sehingga memudahkan bagi penggunanya dalam memberikan tampilan berbeda pada blognya.

Apa saja persyaratan membuat blog di Blogger.com?
Seperti halnya layanan Google yang lainnya, blogger hanya membutuhkan sebuah email dari google guna mendaftar dan meminta izin untuk memiliki blog yang di host oleh blogger.com.
Akun Google diperbolehkan menggunakan akun yang sudah ada seperti akun email Google atau akun yang Anda gunakan pada smartphone android. Jika belum memiliki akun Google silahkan mendaftarkan akun baru pada www.gmail.com/ terlebih dahulu.

Setelah persiapan akun anda siap, selanjutnya langung saja mendaftarkan blog anda dengan niche, nama blog, dan alamat yang sudah anda persiapkan.

Sebagai tambahan informasi, meskipun anda sudah merencanakan sebuah domain yang akan digunakan, kemungkinan Anda tidak akan dapat menggunakannya karena slot atau domain tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Domain default standar dari blogger memiliki sub domain .blogspot.com.
Jadi Anda nantinya akan memiliki sebuah domain dengan urutan sebagai berikut, Domain-Anda.blogspot.com. Sebagai contoh, Samarif.com sudah tidak menggunakan domain default (blogspot) karena membeli domain custom dari pihak penyedia domain. Untuk panduan blogging khususnya mengganti domain akan dibuat pada kesempatan selanjutnya, karena dalam panduan blogging khusus pemula ini hanya ditujukan untuk membimbing Anda dalam langkah dasarnya saja sehingga mudah untuk dipahami.

Jangan khawatir, pada kesempatan lain artikel terkait cara membeli dan memasang domain custom akan segera dipublishkan, untuk itu gunakan formulir follow by email yang ada di blog ini dengan cara submit alamat email anda supaya tidak melewatkan pembaruan dan update terbarunya. Kami bersedia mengirimi Anda email tentang update post terbaru secara Gratis!.


Pada tahapan kedua ini, Anda diharapkan sudah siap untuk masuk di halaman pendaftaran blog dengan persiapan seperti yang sudah diuraikan pada langkah sebelumnya. Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk melakukan persiapak dengan sungguh - sungguh dan maksimal. Karena persiapan yang baik akan menjadi pondasi terbaik dan meminimalisir kemungkinan kegagalan dalam membuat blog khusus pemula.

Membuat Blog Baru dan Mengganti Tema


Disini diutamakan bahwa Anda sudah memiliki email Google yang akan digunakan untuk membuat blog dengan blogger.com/. Klik link tersebut dan anda akan diminta membuat profil yang akan digunakan dalam mengelola blog nantinya, silahkan pilih profil Google+ dan skip dahulu segala atribut yang diperintahkan untuk dilengkapi termasuk foto profil Google+ Anda.



Panduan Blogging: Tutorial Blog Lengkap, Membuat Blog Khusus Pemula
Buat Blog Baru

Pada panduan blogging bagian pertama, telah diinstruksikan bagi Anda untuk menyiapkan judul, alamat dan tema.

Ikuti langkah diatas sesuai dengan yang sudah Anda persiapkan, setelah blog baru dibuat selanjutnya akan diarahkan ke Dashboard kontributor.

Workspace pada  halaman tersebut berisi beberapa menu dasar, masih berupa tampilan default bahasa Indonesia. Kurang lebih seperti uraian dibawah ini tampilan yang dapat dilihat ketika mengakses blogger.com dengan akun yang sudah terdaftar.

1. Postingan

Dari menu ini akan menampilkan semua daftar postingan yang sudah atau belum diterbitkan (draft). Mengedit atau memperbarui konten lawas juga dapat dilakukan dari menu ini. Akan ditampilkan pula value atau nilai yang berupa jumlah banyaknya tiap-tiap artikel dilihat.

2. Statistik
Tampilan pada statistik lebih cenderung berisi informasi mengenai progress yang dimiliki blog. Seperti misalnya menampilkan data jumlah pengunjung dari waktu ke waktu, sumber datangnya pengunjung, perangkat yang digunakan untuk mengakses blog hingga mengetahui jenis browser yang digunakan.

3. Komentar
Berisi komentar yang masuk pada blog, memudahkan pengelola untuk mengetahui letak komentar yang masuk. 

4. Kampanye
Menghubungkan blog dengan layanan lain yang juga masih milik Google, (Adword). Merupakan layanan berbayar yang akan membantu mempromosikan blog.

5. Laman
Laman sama halnya dengan postingan, hanya saja bedanya pada halaman ini menampilkan postingan navigasi dan nantinya akan mengarahkan pengunjung mengenali lebih dalam tentang siapa anda (blog), kebijakan situs, halaman kontak hingga daftar isi. Semua laman tersebut disebut dengan halaman statis yang kontennya perlu dibuat terlebih dahulu agar dapat diakses melalui menu navigasi yang akan Anda terapkan pada tema.

6. Tata Letak
Berfungsi untuk mengatur penempatan widget yang digunakan. Widget ini berperan penting untuk mengatur letak tampilan yang nantinya muncul pada halaman interface blog Anda.

7. Tema
Dari sini, anda bisa melakukan penggantian tema, mengedit hingga memasang script kode HTML. Silahkan lakukan pencarian pada search engine untuk mengetahui lebih detil tentang dasar dasar pengaturan tema atau melalui file tema custom yang telah anda download.

8. Setelan 
Sebuah menu pengaturan untuk menyesuaikan blog, mengganti judul, mengganti bahasa, URL (domain custom) deskripsi hingga atribut pendukung blog lainnya dapat dilakukan penyesuaian melalui menu ini.

Delapan buah menu yang ditampilkan pada dashboard kontributor tersebut masih berupa tampilan default. Jika melakukan penggantian bahasa menjadi english UK, biasanya blogger.com akan secara otomatis menampilkan satu buah menu baru yaitu Earnings (penghasilan) untuk menghubungkan situs atau blog dengan dashboard publisher adsense.

Karena panduan blogging ini hanya sebatas tutorial blog khusus pemula maka tidak akan menjelaskan lebih jauh mengenai pendapatan (Earnings).

Selanjutnya, setelah membuat blog dengan blogger.com perlu melakukan penyesuaian tema secara dasar, jika anda belum mendownload tema custom seperti yang sudah disarankkan pada tutorial blog khusus pemula bagian pertama, silahkan download saja tema berikut ini agar lebih mudah mengikuti panduan blogging bagian ke-dua.
Panduan Blogging: Tutorial Blog Lengkap, Membuat Blog Khusus Pemula

Tema tersebut masih sangat sederhana, sangat cocok digunakan untuk pemula karena tidak menggunakan widget yang rumit. Sudah diisi dengan fitur navigasi dropdown dan mobilr friendly. Penggunaannya dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Jika tema sudah didownload, selanjutnya menuju ke halaman Tema > Edit HTML > Backup/Pulihkan (di pojok kanan atas) > Pilih file, kemudian Upload.

Selanjutnya lakukan pembuatan konten halaman statis, berdasarkan tema yang didownload tersebut ada tiga jenis halaman (Static Page) yang perlu dibuat terlebih dahulu, masing masing adalah Kontak Admin, Kebijakan Situs, dan Peta Situs. Silahkan dilakukan kostumisasi sesuai dengan kreatifitas Anda dalam membuat laman-laman tersebut.

Untuk memulai membuat laman, dari menu laman dapat menuju ke Entri Baru, isikan judul sesuai dengan laman statis yang akan dibuat. Setelah itu, yang perlu dilakukan adalah mengkopi URL laman yang sudah dipublikasikan dan pastekan pada HTML template dengan cara :

Tema > Edit HTML > Tekan Ctrl + F untuk kemudian cari Kontak Admin atau laman statis lainnya, ganti URL yang ada pada template dengan Alamat baru milik Anda. Juga dapat dilakukan penggantian pada manu navigasi. Misalkan anda hanya ingin menampilkan kontak admin sebagai "kontak" maka hapus tulisan admin, kemudian save.

Membuat Artikel Perdana Untuk Blog

Artikel konsep Anda seharusnya sudah disiapkan untuk mengisi blog baru tersebut, dengan membuat konsep sudah memudahkan Anda untuk mengatur tampilan dan mengisi blog sehingga lebih mudah dalam melanjutkan mengikuti panduan blogging lengkap khusus pemula ini.

Untuk memulai memposting artikel konsep yang sudah dibuat misalkan tersimpan pada file Microsoft Word, Kopi dan paste dulu artikel tersebut pada notepad untuk menghindari terjadinya error ketika mempublikasikan nantinya. 

Catatan: Untuk melengkapi artikel memerlukan gambar relevan, untuk penggunaan gambar hindari memasukan konten ber-hak cipta agar tidak mengalami penalty atau teguran. Jika membutuhkan gambar tanpa hak cipta download melalui pixabay.com/.

Dari notepad, kopi lagi semua tulisan dan nantinya akan di pastekan pada halaman posting dengan cara klik entri baru. Terdapat beberapa parameter yang perlu dilengkapi.

Setelah penulisan dirasa cukup baik, selanjutnya publikasikan Artikel tersebut atau lakukan pratinjau terlebih dahulu untuk memastikan konten bekerja dengan baik, seperti format judul dan sub judul, serta letak posisi dan ukuran gambar pada halaman posting.

Baca : Cara Membuat Artikel SEO

Artikel yang sudah Anda buat dan terbitkan tersebut pada dasarnya akan dibaca oleh google dan dikirimkan pada hasil pencarian, fase tersebut lah yang selanjutnya akan membawa pengunjung datang mengunjungi dan membaca blog Anda. 
Untuk pembuatan artikel, terdapat kaidah penulisan yang wajib diperhatikan. Artikel sebaiknya memenuhi prinsip SEO (Search Engine Optimization). Karena Tutorial blog ini khusus pemula, lewatkan saja dan fokuskan untuk menulis artikel awal apa adanya dan bukan merupakan hasil kopi paste, dan tidak perlu khawatir mengenai SEO, di akhir panduan blogging ini juga akan dilengkapi dengan dasar dasar teknik SEO terbaru yang ditujukan khusus pemula.
Mengenai apa itu definisi sebanarnya tentang SEO, tujuan dan fungsinya  akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya tentang cara menggunakan Tools Google Webmaster dan Google Adword Keyword Research.

Sebagai gambaran awal, Google Webmaster digunakan untuk mengirimkan data blog anda agar segera terbaca oleh mesin pencari google, dengan menggunakan layanan tersebut maka telah membantu blog untuk segera dikenali oleh robot perayap yang nantinya menempatkan postingan pada hasil pencarian search engine Google.com.

Sedangkan Keyword Planner Tool digunakan untuk menganalisa kata kunci tepat sebelum menulis dan menerbitkan artikel dengan harapan mampu membidik serta menempatkan artikel tersebut dihalaman teratas pencarian dan menjadi prioritas untuk ditampilkan diantara postingan kompetitor lain, merupakan teknik SEO yang akan dibahas pada poin selanjutnya.


Saat ini Anda sudah berhasil membuat blog baru dengan beberapa konten sebagai kelengkapannya. Selanjutnya, konten tersebut harus diindex oleh mesin pencari, Google. Pada dasarnya karena blogger.com di hosting langsung oleh Google, secara otomatis setiap konten akan langsung diterima dan ditempatkan pada halaman pencarian, namun sebagai seorang webmaster anda dapat meminta robot crawler atau spider perayap segera mendeteksi konten Anda tersebut.

Tutorial blog tentang cara mendaftar, menggunakan dan memaksimalkan Tool Webmaster akan dibahas pada Panduan Blogging: Tutorial blog Teknik Dasar SEO Khusus Pemula, memuat tulisan yang mengupas secara detil tentang SEO, fungsi dan bagaimana cara penerapannya mulai dari tahapan perkenalan hingga pada poin startegi pentingnya agar mudah dipahami oleh pemula yang baru saja mengenal dan akan memasuki dunia blogging bersama teknik SEO didalamnya.
SHARE

0 komentar:

Post a Comment