Meningkatkan Trafik Kunjungan Blog Tanpa Harus Page One Search Engine Google

Seperti yang telah dibahas pada beberapa artikel sebelumnya, tentang bagaimana cara mendapatkan kunjungan baik itu trafik organik maupun kunjungan yang didapat dari hasil promosi melalui sosial media, masih ada beberapa teknik lain jika merasa perlu menerapkan alternatif cara dalam meningkatkan kunjungan blog. Persepsi kebanyakan blogger saat ini kurang lebih seragam yaitu berorientasi pada pola fikir untuk mengelola blog dengansegala upaya agar  menduduki halaman pertama hasil penelusuran search engine khususnya google (Page One),  memang benar bilamana sebagian besar informasi pada blog menduduki peringkat pertama dalam search engine akan memperbesar peluang memperoleh kunjungan, dan dapat juga melakukan optimasi dengan cara – cara SEO Off Page. Kendalanya ialah, sudahkah teknik On Page Anda/kita tepat sasaran?

Ciptakan Kunjungan Blog Tanpa Harus Page One
Sosial Media Marketing

Menduduki Page One bukanlah perkara sederhana, perlu meningkatkan keterampilan dalam menganalisa kata kunci, mencari tahu kebutuhan informasi yang dibutuhkan namun dengan tingkat persaingan  ringan. Begitu juga dengan Off Page, beberapa blogger dan webmaster bahkan rela menyewa jasa pembuatan fanspage Facebook untuk mempromosikan blognya, pastinya cara seperti itu memerlukan modal karena tidak gratis.

Mau bagaimanapun sebagai blogger memang harus siap menghadapi semua itu, Saya juga telah membuat artikel informasi terkait dan silahkan dibaca terlebih dahulu :

Tidak dapat dipungkiri, blogging adalah kegiatan dengan tingkat kesulitan unik, memiliki blog SEO Friendly dengan menerapkan teknik dan cara – cara diatas juga tidak menjamin akan mudah meraih kunjungan blog tinggi. Tapi itu bukan masalah yang perlu dicemaskan, selalu ada pilihan lain untuk mensiasatinya. Tidak perlu terlalu membebani diri dengan Page One, SEO, dan lainnya sampai – sampai melakukan teknik terlarang Black Hat, alih alih menerima trafik bagus justru akan membuat blog berhadapan dengan pinalti, lakukan saja semampunya dan terus belajar memperbaiki secara perlahan. Bila dirasa sudah mengerahkan semua kemampuan, selanjutnya perhatikan cara mudah berikut ini supaya mampu lebih meningkatkan trafik blog Anda.

Membuat Artikel Berpotensi Viral dan Abadi

Pertama dimulai dari konten, berupa tulisan, artikel dan gambar yang mampu memberikan informasi bermanfaat bagi pengunjung nantinya. Blog dengan predikat informatif akan lebih mudah diingat bagi siapapun konsumen yang pernah berkunjung, dengan begitu suatu saat akan kembali tanpa melalui search engine google, tetapi akan langsung mengetikan alamat (domain) pada browsernya.
Apapun niche market pilihan Anda, selalu fikirkan ide postingan yang memiliki potensi dibutuhkan oleh konsumen dengan kemungkinan mampu bertahan untuk waktu lama. Sehubungan dengan kata viral, trending topik atau booming, jangan sekali – kali beranggapan bahwa yang Saya maksudkan serupa dengan berita hoax (Fake News). Kalau diteliti lebih jauh, melalui internet dapat ditemukan banyak hal yang memiliki potensi untuk menjadi viral. Secara tidak langsung menjadi blogger Anda harus lebih peka terhadap informasi baru, tidak apatis serta memanfaatkan inovasi yang dimiliki dalam mengembangkan suatu topik agar berpotensi dicari orang lain. Dengan begitu Anda hanya perlu melakukan beberapa kali share Sosial Media dan selanjutnya akan terjadi auto pilot sebab potensi viral tersebutlah yang akan lebih disukai masyarakat hingga akhirnya disebar luaskan. Meskipun keadaan tersebut tidak berlangsung lama atau tidak bersifat abadi, setidaknya Anda sudah mengenalkan  identitas blog sebagai blog informasi dengan inovasi. Itulah nantinya menjadikan blog menerima kunjungan kembali bahkan disubscribe dan dibagikan.

Timbulkan Rasa Penasaran Pengunjung 

Meningkatkan Trafik Kunjungan Blog
Click Bait
Hubungan dan keterkkaitan tiap-tiap postingan dapat menimbulkan kesan bahwa Anda adalah blogger dengan kredibilitas mumpuni dan memiliki penguasaan materi cukup baik. Membuat artikel dengan kelengkapan jumlah kata dan kalimat yang panjang merupakan salah satu faktor penentu untuk di promosikan oleh Search Engine Google pada Page One, tetapi sangat disayangkan jka upaya tersebut dilakukan dengan memasukan seluruh aspek pembahasan pada satu kerangka tulisan. Maka dari itu, ada baiknya Anda sebagai kontributor mennimbulkan rasa penasaran pada pengunjung akan kelanjutan pembahasan lain yang memiliki relevansi dengan tulisantulisan sebelumnya. Bukan sebuah artikel bersambung, tetapi secara tidak langsung tulisan tersebut dapat dikembangkan menjadi lebih luas di kemudian hari pada tulisan lainnya. Jika memang dibutuhkan, secara spontanitas pengunjung akan memprioritaskan blog Anda untuk dikunjungi kembali atau memanfaatkan fasilitas bookmark.

Lakukan Interaksi Langsung Dengan Pengunjung

Dari sekian banyak cara dan upaya untuk menarik dan meningkatkan kunjungan adalah meminta pengunjung menyukai halaman facebook atau  memasukan alamat email pada kotak berlangganan dengan tujuan ingin selalu mendapatkan trafik setiap kali artikel baru dipost. Cara ini sering kali disalah artikan, banyak blogger beranggapan dengan mengirimkan pesan pembaruan melalui email dapat menarik pengunjung lama, padahal kenyataanya pesan tersebut hanya akan bersifat spamming apabila tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan. Sah – sah saja membuat layanan seperti yang dimaksud, tetapi agar lebih maksimal, usahakan untuk menjalin hubungan langsung dengan para pembaca. Anda dapat memanfaatkan akun Google Plus,Blog Forum, dan membalas setiap pertanyaan pada kolom komentar blog dan fanspage jika memang ada. Pertanyaan yang terjawab akan memuaskan pengunjung dan pelanggan blog, lebih lagi Anda dapat menyisipkan Link relevan berkaitan dengan pertanyaan yang diajukan.
Ciptakandan arahkan pandangan pengunjung blog seolah – olah Anda bukanlah tukang ketik yang hanya ada setiap akan menerbitkan artikel, perkenalkan jati diri dan siapa Anda sebenarnya. Tingkatkan Intensitas komunikasi didalam dan diluar blog agar Anda semakin dikenal dan mendongkrak popularitas blog.

Tarik Minat Pengunjung Melalui Event di Dalam Blog

Cara ini cukup efektif dilakukan pada fanspage facebook, meskipun belum terbukti work dan belum diterapkan di blog, tidak ada salahnya untuk dipertimbangkan. Prinsipnya adalah menciptakan daya tarik di dalam blog dengan bantuan share sosial media. Event yang dimaksud adalah semacam Quiz, menyediakan ruang untuk siapapun yang ingin berpartisipasi menulis di blog dengan criteria dan persyaratan tulisan ditentukan atau lain sebagainya.

Sebut Blog Lain Dalam Postingan Sebagai Rujukan

Tidak perlu terlalu dipermasalahkan kalau hanya sekedar memasukan link hidup eksternal  didalam salah satu postingan Anda. Misalkan saja ucapan terimakasih kepada desainer template yang anda gunakan, atau referensi tulisan dan kutipan, atau apapun. Tidak juga harus menyanjung, memuji berlebihan. Cukup berikan testimony atau catatan tentang blog yang Anda cantumkan tersebut secara tulus dan tidak berlebihan. Keuntungannya jika memang tulisan berkualitas dan dinilai baik oleh yang bersangkutan, bukan tidak mungkin akan dibagikan pada jejraing sosialnya, kabar baiknya jika yang Anda cantumkan tersebut adalah blogger yang sudah popular dengan jummlah fans besar. Secara tidak langsung Anda sudah meningkatkan kunjungan meskipun artikel yang dibuat belum mampu mencapai Page One oleh Google.

Manfaatkan Judul Postingan Sebagai Penarik Pengunjung

Pasti Anda pernah mengalami jebakan klik ketika mengunjungi halaman web,paling sering dan umum terjadi ketika sedang streaming video Youtube. Di sana dengan mudah ditemukan penerapan teknik Click Bait, biasanya ditandai dengan judul tak masuk akal cenderung lebay dilengkapi thumbnail aneh. Itulah yang dimaksudkan dengan jebakan klik, jika diterapkan pada blog haruslah lebih berhati-hati. Siasati dengan membuat Click Bait masuk akal dan tidak melenceng dari garis besar poin - poin postingan.

Sementara hanya itu yang dapat Saya berikan mengenai tata cara blogging alternatif dalam kategori upaya meningkatkan kunjungan blog. Selalu ada cara lain (Plan B, C,D..)bagi Saya pribadi tidak perlu Page One melulu, perbaiki kualitas dan kuantitas konten, konsisten terhadap intensitas posting, perbaiki SEO On Page dan hindari Black Hat mudah-mudahan akan membawa hasil yang memuaskan.

SHARE

0 komentar:

Post a Comment