Cara ngeblog menghasilkan uang (earnings) tanpa Adsense

Aktifitas ngeblog atau blogging sampai dengan saat ini masih sangat banyak dilakukan tak terkecuali di Indonesia. Menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi say khususnya karena telah memilih menjadi seorang blogger meskipun dengan sangat banyak keterbatasan. Yang jelas, menulis memang menyenangkan karena dapat memberikan informasi dan ilmu yang dimiliki sekecil apapun, dan disamping itu mampu menghasilkan uang. Ya, memperoleh pendapatan dari blog yang dikelola.

Siapa yang tidak tertarik untuk berpenghasilan dan meraup penghasilan dari aktifitas yang didasari hobby? Terkadang kita sebisa mungkin memisahkan antara hobby dan pekerjaan, tapi dengan ngeblog kita mampu untuk menghasilkan uang selama menjalankan aktifitas yang dilandasi hobby.

Jujur saja, sekitar hampir tiga tahun menjadi blogger dengan beberapa blog dan beberapa niche yang saya miliki, untuk mendapatkan penghasilan berupa uang melalui ngeblog masih belum mampu untuk dimaksimalkan. Lebih lagi, setelah mengalami banned dari salah satu program kemitraan yang menjadi media untuk menghasilkan uang dari blog saya tersebut, seakan - akan saat ini memulai lagi dari titik awal untuk kembali mengumpulkan earnings dari blog - blog yang sudah dikelola cukup lama itu.

hobby ngeblog dapat uang
Blog menghasilkan uang


Saat ini, untuk membangun kemitraan dengan pihak ketiga yang akan menayangkan iklan pada blog misalkan sebut saja google adsense memang cukup rumit, sehingga untuk beberapa orang yang memiliki tujuan membawa blognya agar mampu menghasilkan uang terpaksa mengakhiri aktifitas ngeblognya akibat tak kunjung diterima oleh mitra publisher ternama itu, seperti yang sedang saya alami saat ini. 

Note: Jika anda adalah seorang yang mencari informasi tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari kegiatan ngeblog, saya rekomendasikan untuk sedikit memodifikasi visi tersebut. Maksudnya, lebih baik anda berupaya sebaik mungkin untuk melakukan aktifitas blogging sepenuh hati dengan memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu, percayalah untuk memperoleh pendapatan (earnings) tidak akan sesulit kedengarannya. Silahkan baca artikel - artikel saya yang lain di blog ini, seperti pemilihan niche blog, menemukan ide artikel dll khususnya bagi siapapun yang baru akan memulai memiliki blog dan menghasilkan uang.

Dan jika anda adalah blogger yang sedang mengalami problema atau masalah seperti sulitnya diterima secara penuh (full approve) seperti misalnya tidak kunjung menerima email tentang review tahap ke-dua, saya kira tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan cara lain supaya ngeblog tetap lanjut dan tetap menghasilkan earnings.

Mendapatkan uang dari blog tidak terbatas hanya pada menjadi mitra penayang google adsense, anda dapat mencoba beberapa cara lain agar kegiatan blogging tetap mampu mendatangkan uang selain dari Adsense, sudah cukup banyak alternatif yang dapat anda coba, seperti:

Mengikuti program Affiliasi

Program affiliasi sudah sejak lama muncul untuk menjadi pilihan lain bagi blogger dalam memperoleh pendapatan, prinsip kerjanya adalah menjadi partner dari toko online ternama seperti misal sebut saja lazada. Sebagai webmaster pengelola blog kita hanya akan melakukan dirrect pengunjung kepada link yang disediakan oleh pengiklan toko online tersebut, selanjutnya jika terjadi transaksi atau pembelian dalam artian pembeli tersebut datang dari link yang ada pada blog kita, maka akan diberikan komisi sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Untuk itulah jika memilih menjadi partner affiliasi sangat penting untuk mengoptimalkan agar sedapat mungkin pengunjung blog dapat anda dirrect ke toko tersebut, dan apabila berhasil terjadi transaksi, saya rasa traffik sedikit pun cukup potensial untuk dimanfaatkan dalam program ini.

Manfaatkan Blog Untuk Menjual produk

Apakah anda sebelumnya sudah pernah mendengar kisah sukses seorang blogger bernama Eka Lesmana? Jika belum silahkan browse terlebih dahulu mengenai beliau yang mampu meraih dan menghasilkan earnings besar melalui blog toko online.
Jika tertarik untuk memanfaatkan blog sebagai toko online, tentulah anda juga harus memiliki produk yang dijual. Sederhananya anda membangun blog dengan tujuan untuk memasarkan dan sebagai media pertemuan dengan calon - calon pelanggan. Setelah trafiknya bagus, dapat didaftarkan bersama dengan PPC sehingga memiliki blog menghasilkan uang dari dua arah. Lumayan bukan?


Menyediakan Space Iklan Mandiri

Membuat ruang iklan mandiri juga menjadi alternatif yang tidak ada salahnya untuk dicoba. Menyesuaikan antara konten dan target pengiklan serta trafik tentunya sangat diutamakan. Blog akan menampilkan iklan langsung dari advertiser atau owner iklan dengan metode, dan tarif yang disepakati dengan tempo waktu yang telah ditentukan.

Toko Online (dropshipper)

Sama Halnya dengan pada poin dua, webmaster atau blogger hanya perlu memasang detail review suatu produk namun bedanya produk - produk yang dijual adalah milik orang lain yang bersedia untuk bekerja sama dan membangun partnership. Dengan begitu pengunjung seolah - olah membeli barang/jasa melalui blog anda namun sejatinya setelah transaksi berhasil anda hanya perlu menghubungi penyedia produk dan akan dikirimkan atas nama Anda.

Program Refferal

Saat ini sudah sangat beragam jenis program refferal, namun yang paling mudah adalah mengikuti refferal yang dapat dilakukan melalui smartphone android. Sebut saja cashtree, dengan aplikasi yang dapat langsuung di download di google playstore tersebut, anda hanya perlu menyebar link refferal anda dan mengajak orang untuk bergabung dan mengunduhnya. Menariknya, antara pemilik link refferal (invite) dan yang bergabung sama sama menghasilkan nilai yang sama sehingga tidak ada yang dirugikan. Jika tertarik silahkan download melalui telefon pintar anda disini.

Masih ada lagi beberapa cara yang lain, tapi saya kira beberapa alternatif diatas sudah cukup menjanjikan untuk memperoleh penghasilan me;alui blog. Anggap saja sebagai batu loncatan untuk memotivasi dalam memajukan blog hingga memenuhi kriteria untuk didaftarkan kembali dengan google adsense. Jika traffik sudah baik dan isi blog semakin menarik, tidak menutup kemungkinan menerima full approve akan jadi lebih mudah pada percobaan selanjutnya. So happy blogging!

SHARE

3 komentar:

  1. makasih mas tips nyaa.. boleh dicoba nih

    ReplyDelete
  2. mantap mas, jadi gak perlu terlalu bergantung sama adsene :D

    ReplyDelete