Trafik blog : Cara meningkatkan kunjungan blog dengan cepat dan mudah

Cara mudah menggandakan trafik atau kunjungan blog, kedengarannya berlebihan ya? Sebelumnya juga sudah saya tuliskan tentang cara meningkatkan trafik organik untuk blog, dijelaskan pada postingan tersebut mengenai strategi - strategi yang dapat diterapkan dalam mengupayakan meraih kunjungan organik dari halaman pencarian google. Ada baiknya silahkan dibaca terlebih dahulu : Cara Mendapatkan kunjungan dari Hasil Pencarian Google ( organik trafik).

Nah, jika telah membaca artikel tersebut, sudah cukup gambaran tentang perlunya trafik, khususnya kunjungan organik. Akana tetapi pada prakteknya, seorang webmaster tidak akan terpaku dan hanya mengoptimalkan blog nya hanya untuk menerima kunjungan organik bukan? Selain karena trafik organik memerlukan prediksi dan keahlian 'lebih' dalam memaksimalkan konten, juga tidak akan efektif jika hanya menunggu kunjungan yang datang dari mesin pencari. Bahkan kuantitas post juga bukanlah jaminan bahwa blog akan menerima kunjungan organik tinggi dalam setiap harinya.

Perlu sedikit saya singgung mengenai pengertian umum tentang trafik non - organik, secara sederhana yang dimaksud dengan kunjungan non organik adalah sebuah jalur ataupun arah datangnya pengunjung blog selain dari hasil mengetikan kata kunci yang sedang dicari pada search engine. Untuk mendapatkan jenis pengunjung seperti yang dimaksud, blogger boleh - boleh saja memanfaatkan sosial share seperti facebook, twitter, dan media sosial lainnya agar mampu meningkatkan kunjungan pada blog.

Lalu kapan seharusnya upaya peningkatan kunjungan seperti ini dapat dimulai atau diterapkan? Yang mana jenis kunjungan paling berpengaruh? Dan bagaimana urutan cara - cara dalam meningkatkan kunjungan tanpa membutuhkan waktu yang relatif lama? Tenang saja, pertanyaan - pertanyaan yang umum tersebut akan saya coba jawab satu persatu pada kesempatan kali ini, tentunya sesuai dengan apa yang telah saya ketahui dan lakukan pada blog - blog saya sebelumnya.
tingkatkan kunjungan non organik blog
Share sosial media

Meningkatkan trafik / kunjungan blog ( Organik vs Non - organik)

Berdasarkan pengalaman saya dalam menjalankan aktifitas blogging dalam berbagai blog dengan sederet niche yang saya telah pilih, dapat saya ambil kesimpulan bahwa antara keduanya memiliki pengaruh seimbang (draw). Bahkan dalam beberapa kali diskusi dengan orang terdekat, kami sepakat bahwa trafik organik dan Non - organik adalah 50% : 50%. Hanya saja, pada penerapan dan prakteknya tentu menyesuaikan terhadap kebutuhan tiap - tiap webmaster nya sendiri. Benarkan demikian? Simak beberapa poin berikut ini yang dapat menguatkan argumen bahwa keduanya sama - sama berpengaruh dan penting.

Analisa trafik organik dan non organik terhadap jangka waktu


Yang pertama adalah terkait dengan waktu, berhubungan erat dengan seberapa lama dan tingkat efektifitas pengupayaan kunjungan dari keduanya mampu bertahan dalam tempo waktu dan konsistensi. Agar lebih mudahnya, poin ini sebenarnya lebih cenderung membandingkan kemampuan masing masing dalam mendatangkan pengunjung dengan waktu singkat ataupun panjang. Jelas saja, secara logika kunjungan organik yang pada dasarnya menerapkan berbagai macam teknik SEO lebih unggul dalam mendapatkan kunjungan untuk tempo yang lama, berbeda dengan cara peningkatan kunjungan dengan teknik share misalnya, tentu jumlah visitor hanya akan meningkat dalam beberapa hari setelah proses tersebut dilakukan dan akan turun dengan sangat cepat.

Pengaruh trafik terhadap popularitas

Menurut pendapat teman - teman pembaca, sebuah blog akan menjadi populer (viral) ketika mendapatkan trafik dan kunjungan tinggi, ataukah harus menjadi populer terlebih dahulu agar meraih trafik? Atau pertanyaannya adalah, apakah trafik berpengaruh terhadap pupularitas blog dan bloggernya, atau sebaliknya? Membingungkan? Tidak! Keduanya adalah win - win solution atau jalan tengah yang menjadi salah satu alasan untuk mengatakan bahwa antara kunjungan organik dan non organik memiliki harga / nilai yang sama berartinya.
Begini ulasannya, kemungkinan pertama, anda adalah orang yang aktif dalam media sosial, memiliki jumlah follower melimpah, tidak akan sulit untuk mempopulerkan blog, bukankah seperti itu? Tapi patut diketahui bahwa sudah sangat banyak blogger menjadi populer akibat suksesnya membangun blog (kemungkinan kedua).
Kembali lagi kepada popularitas dan trafik, berdasarkan kedua kemungkinan diatas, tidak akan sulit bagi webmaster dalam meningkatkan trafik kunjungan blog.

Selanjutnya, karena saya sudah cukup untuk meyakinkan bahwa keduanya sama perlunya,selanjutnya saya akan membahas tentang cara cepat meningkatkan trafik blog dengan jenis kunjungan non organik. Karena untuk trafik organik sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Memanfaatkan akun facebook

Gunakan saja akun facebook yang sudah anda miliki agar tidak memerlukan waktu lama untuk mengumpulkan teman facebook jika membuat akun baru.Dan jika seandainya akun anda sudah memiliki batas maksimal pertemanan, bisa dilakukan pengaktifan fitur subscrib / mengikuti.

Manfaatkan fanspage

Ini adalah salah satu media promosi blog yang banyak dilakukan oleh blogger saat ini. Namun untuk mendapatkan like pada halaman milik kita terasa sangat sulit akibat maraknya halaman fanspage spamming akhir - akhir ini menjadikan kebanyakan pengguna facebook ragu untuk mengikuti undangan halaman. Untuk mensiasatinya, anda dapat mengupgrade akun pribadi menjadi halaman fanspage, tapi resikonya semua data seperti foto dan lain lain akan hilang karena akun otomatis berubah menjadi halaman.

Aktif pada sosial forum

Cari forum yang menyajikan informasi sesuai dan cukup relevan meskipun bukan berarti harus memiliki niche yang sama dengan blog. Anda tidak perlu selalu menuliskan situs web anda pada saat melakukan diskusi. Lengkapi saja data diri yang anda gunakan pada akun forum karena pada dasarnya jika anda aktif dan sering hadir pada setiap diskusi, maka anggota lain akan merasa penasaran tentang siapa anda sebenarnya. Hingg bisa jadi mereka beranggapan akan menemukan lebih banyak lagi informasi apabila mengunjungi situs anda.

Saya rasa hanya itu yang mampu saya berikan, kuncinya adalah terus bekerja keras menerapkan teknik - teknik guna meningkatkan kunjungan pada blog. Jangan Mengkerdilkan jenis trafik, lakukan saja keduanya namun tetap dengan batas wajar. salam.

SHARE

0 komentar:

Post a Comment