Cara mendapatkan trafik organik dari search engine google

meningkatkan trafik visitor organik dari hasil google
Trafik Organik

Kali ini merupakan artikel yang akan membahas tentang tata cara untuk meningkatkan, atau seminimal mungkin mendapatkan trafik dan kunjungan langsung dari hasil pencarian google. Sebelumnya, kenapa harus trafik organik? Seberapa pentingnya trafik organik dan kenapa harus melalui google? Ada baiknya agar pemahaman pembaca dan penulisan artikel ini menjadi lebih ringan maka akan dibahas satu persatu dalam beberapa sub judul dibawah.
Salah satu tingkatan tersulit dalam aktifitas blog dan blogging adalah mendapatkan kunjungan langsung dari hasil pencarian google, ini berlaku bagi semua blogger termasuk yang sudah memiliki jumlah postingan dalam kategori sudah banyak sekalipun, disamping dari kualitas, kuantitas dan pengoptimalan SEO, usaha dalam mendapatkan kunjungan organik (sarch traffic) juga termasuk salah satu hal pokok atau poin penting yang menjadi tugas seorang blogger dalam upaya membangun dan memberdaya gunakan blog. 
Alasan utama yang mendasari kunjungan organik menjadi penting adalah apabila telah berhasil diterapkan dengan optimal, kunjungan blog yang dikelola akan terjadi secara natural berbeda halnya ketika mengoptimalkan kunjungan dari share sosial media, maka tidak akan mendapatkan kunjungan yang statis dari hari ke hari. Jika berbicara tentang trafik dari hasil pencarian search engine khususnya google, tentu erat kaitannya dengan upaya yang harus dilakukan untuk menduduki page one atau halaman pertama dalam pencarian google, untuk itu silahkan membaca terlebih dahulu artikel terkait tersebut : Cara masuk di halaman pertama google
Nah, yang menjadi masalah saat ini adalah setelah sebagian besar postingan berhasil diindeks dan ditempatkan dihalaman pertama, trafik organik sudahmeningkat namun tidak konsisten? Jika benar begitu, silahkan lanjutkan membaca hingga akhir postingan ini untuk mengetahui bagaimana 

Pengertian Trafik Organik dan Non-Organik

Trafik organik juga dikenal dengan kunjungan berdasarkan hasil dari pencarian search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing. Keadaan seperti ini dapat terjadi akibat kesesuain keyword yang digunakan seseorang dalam search engine dengan jajaran situs teratas yang ditampilkan oleh google itu sendiri. 

Sedikit berbeda dengan trafik non organik yang dapat dikatakan juga sebagai upaya mendapatkan kunjungan ke-blog melalui jalur diluar dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci. Untuk mendapatkan trafik dengan cara ini memang terasa cukup mudah walaupun sebenarnya jauh lebih sulit dengan catatan jika dilakukan atau diupayakan dalam jangka panjang. Blogger yang menggunakan cara mendapatkan trafik seperti ini biasanya harus semampunya membidik target dalam dua langkah pengoptimalan, masing - masing adalah menargetkan artikel dalam blog itu sendiri serta menyesuaikan terhadap media share yang digunakan. Sebagai contoh, jika akan melakukan share ke facebook salah satu cara terbaiknya adalah menggunakan fasilitas fanspage yan direlasikan dengan blognya, tentu sudah sangat jelas bahwa disamping mengupayakan blog juga harus mengoptimasi fanspage tersebut. 

Seberapa penting untuk mendapatkan trafik organik?

Jika menginginkan kunjungan secara alami dan bertahan lama dari waktu ke waktu, tanpa harus melakukan uapaya tambahan seperti share via media sosial meskipun jika dilakuikan akan lebih baik, sepertinya mengoptimalkan trafik organik adalah jawaban yang tepat. Terlebih jika anda merupakan blogger paruh waktu dalam artian hanya melakukan blogging ketika memiliki waktu luang sehingga sedapat mungkin memanfaatkan waktu yang anda miliki hanya untuk blogging dan atau tanpa perlu melakukan aktifitas lain khususnya dalam meningkatkan trafik harian anda. Selain itu juga, jika berencana menjadi mitra penayang iklan (publisher) sehingga mendapatkan penghasilan dalam program PPC seperti adesense, anda sangat harus memprioritaskan trafik atau kunjungan organik karena ini juga merupakan salah satu persyaratan yang diberikan pihak google adsense untuk diterimanya menjadi mitra program periklanan karena juga menerapkan perhitungan penghasilan berdasarkan CPC.

Mengapa harus trafik organik via google?

Sejujurnya bukan patokan apakah anda harus mendapatkan trafik berupa kunjungan organik ataupun non-organik. Sedangkan untuk menjawab pertanyaan tentang kenapa harus search engine google, sudah jelas faktanya google sudah mendominasi khususnya pasar indonesia, oleh karena itu bagi blog dengan konten berbahasa indonesia akan lebih mudah mendapatkan kunjungan organik jika mengutamakan search engine google. Namun mengingat melejitnya pengguna smartphone yang menawarkan dan menggunakan berbagai pilihan browser dan terkadang tidak selalu menjadikan google sebagai default mesin pencari, ada baiknya untuk mensubmit blog anda pada bing dan yahoo.
Kesimpulannya, anda hanya harus sebisa mungkin untuk mengenal lebih jauh mengenai google dan memahami kebijakan serta kriteria agar blog yang anda bangun mampu bekerja sebaik mungkin agar lebih mudah ditemukan oleh pengunjung melalui mesin pencari tersebut.

Dari beberapa ulasan tersebut saya harap sudah mendapatkan sedikit gambaran mengapa dan seberapa penting untuk mendapatkan trafik serta kunjungan berdasarkan mesin pencari seperti google. Selanjutnya kita akan mencoba mendalami tentang apa saja hal - hal yang mampu meningkantak trafik kunjungan organik?

Prioritaskan SEO Friendly

SEO Friendly atau secara bahasa dapat diartikan dengan ramah pada mesin pencari (google). Ini merupakan poin yang menekankan pada setip pelaku aktifitas blogging untuk sedapat mungkin membuat blog yang dikelola menjadi mudah untuk dirayapi dan dimengerti oleh mesin pencari. Dengan kata lain anda harus memperkenalkan situs milik anda dan setelah itu membangun hubungan baik bersama google dengan cara mematuhi kebijakan yang sudah diberikan. Mengingat tips dan trick seputar SEO begitu luas, maka yang perlu digaris bawahi adalah selalu gunakan teknik SEO yang direkomendasikan dan disukai google agar selalu dapat diterima dengan baik oleh mesin pencari itu sendiri.

Utamakan Kualitas Konten, Sebelum Kuantitas

Dengan banyaknya konten / artikel yang sudah anda publishkan maka secara alami akan membuka jalan bagi blog anda untuk lebih sering muncul dihalaman hasil pencarian google. Namun sepertinya sering terjadi kekeliruan dalam persepsi mengenai kualitas dan kuantitas postingan. Search engine didukung oleh robot untuk merayapi setiap blog (spider), maka dari itu buatlah konten yang sebisa mungkin dipahami oleh google bot dan memberikan manfaat bagi pengunjung.
Google mampu mendeteksi kualitas konten berupa artikel dalam sebuah blog melalui berbagai cara, perlu anda ketahui bahwa robot google memberikan penghargaan khusus berupa predikat baik pada blog yang memiliki rata-rata lama waktu kunjungan. Maksudnya adalah, dengan artikel berkualitas, pengunjung akan membaca dengan seksama sehingga lebih lama bertahan pada blog tersebut dan hal itu dihargai oleh robot google.

Gunakan Template Easy Look

Template juga merupakan salah satu parameter penting pada SEO. Untuk template sepertinya sudah banyak serta mudah untuk didapatkan baik itu template versi gratis maupun premium berbayar. Intinya, pastikan score SEO dari template yang digunakan mendapatkan nilai tinggi dan mudah untuk dirayapi.
Sedangkan easy look dapat diartikan sebagai tampilan yang menawarkan tingkat kenyamanan baik untuk pengunjung. Jika sudah seperti itu, pengunjung akan lebih lama bertahan pada blog anda dan mengeksplore lebih jauh berkat jelasnya navigasi dan widget - widget yang digunakan.

Terakhir, untuk menjaga agar trafik dan kunjungan selalu stabil setelah mendapatkan trafik tinggi, optimalkan laman subscrribe/berlangganan. Selalu tawarkan pada pengunjung untuk berlangganan supaya tidak melewatkan artikel lainnya pada blog anda tersebut. Tentu saja hal ini memperkuat alasan mengapa anda untuk semaksimal mungkin mengedepankan kualitas.


SHARE

0 komentar:

Post a Comment