Bagaimana cara membuat blog agar mampu bertahan lama?

blogger platform
Blogger


Semakin menariknya dunia blogging menyebabkan banyak kemunculan blogger baru pada saat ini, dengan tujuan dan visi yang berbeda tentunya, akan tetapi tidak mungkin jika sesudah meluncurkan blog baru kemudian hanya dijadikan menjadi sebuah pekerjaan yang sia-sia, tidak terurus dan tidak jelas kelanjutannya. Untuk itu, sebenarnya tulisan kali ini tidak sekedar membahas tentang bagaimana mendaftar dan membuat blog di blogger.com, lebih dari itu saya akan mencoba memberikan sedikit tips sesuai dengan pengetahuan pemula yang saya miliki tentunya, dengan harapan mudah-mudahan dapat membantu siapa saja yang berencana untuk memulai membuat blog.


Agar penjelasannya mudah dipahami nantinya terkhusus bagi yang baru akan memulai blogging, maka tulisan ini dibuat dengan bahasa yang disederhanakan sedemikian mungkin. Dan sebelum melanjutkan membaca saya merekomendasikan ada baiknya untuk membaca tulisan mengenai niche blog disini karena akan ada keterkaitan antara materi tersebut dengan kemampuan blog untuk bertahan lama.
Setelah memahami mengenai niche, selanjutnya adalah melakukan pemilihan niche yang dirasa cocok dan tepat, untuk tipsnya dapat dibaca disini atau diabaikan saja dan melanjutkan membaca jika memang sudah memiliki rencana topik yang akan dijadikan tema utama bagi blog baru yang akan dibangun.
Sekarang anggap saja pembaca yang budiman sudah memahami dan memiliki niche agar dapat segera masuk dalam pembahasan utama dan mengeksekusi membuat blog baru, berikut adalah langkah persiapan yang perlu dipertimbangkan dan tidak kalah penting daripada niche agar blog baru yang akan diluncurkan tidak mengalami mogok/stagnasi dan insyaallah mampu menjadi blog yang bertahan lama.

Membuat artikel untuk blog

Poin pertama adalah usahakan untuk membuat beberapa artikel perdana yang akan diluncurkan sesuai dengan niche yang sudah dipiilih. Membuat konsep artikel juga sangat berguna agar setidaknya setelah melakukan segala persiapan nantinya blog juga sudah terisi dengan beberapa artikel sehingga untuk kelanjutannya dapat dilakukan dengan lebih santai karena sudah memiliki acuan dan ide postingan.

Memilih dan mempersiapkan template untuk blog baru

Pemilihan template perlu dipertimbangkan sebaik mungkin, dalam artian template yang akan digunakan nantinya sesuai dengan apa yang akan ditampilkan. Karena konsistensi penggunaan template juga berpengaruh terhadap kemampuan blog untuk bertahan. Misalnya saja jika anda menggunakan template seadanya untuk blog baru namun ternyata dalam perkembangannya merasa kurang nyaman dan bosan dengan template tersebut. Alhasil, alih-alih melakukan blogging seperti membuat update artikel justru hanya berkutat melakukan otak-atik pada template, tentu saja hal ini dapat mengganggu kefokusan dalam mengelolanya. Belum lagi jika sudah memiliki pengunjung tetap dan menemukan terjadi perubahan pada tubuh situs anda, bisa saja pengunjung itu akan merasa sedikit tidak nyaman dengan perubahan tersebut. Untuk pemilihan template, sekedar saran sebaiknya menggunakan template simple serta mudah dipahami pengunjung namun tetap terlihat menarik.

Membuat akun google atau menggunakan yang sudah ada
Untuk mendaftar di blogger.com, setiap calon blogger harus terlebih dahulu memiliki akun google (email). Untuk pembuatan email google saya rasa caranya cukup mudah dan tidak perlu dijelaskan pada postingan ini agar tidak menjadi terlalu panjang dan terkesan bertele-tele.
Cara Membuat blog di blogger.com
Silahkan diabaikan dan lanjutkan membaca poin selanjutnya jika anda sudah memahami dan sebelumnya sudah pernah membuat blog pada platform blogger. Bagi yang belum mengetahui atau baru akan mencoba, caranya adalah sebagai berikut:

Masuk ke Blogger.com
membuat blog via blogger.com
Daftar Blog Baru



Selanjutnya pilih judul dan alamat blog, sebaiknya antara nama dan judul blog dibuat sama atau minimal jika belum direncanakan menggunakan domain TLD.
Usahakan agar tidak menggunakan ejaan yang sulit dan mengandung karakter aneh seperti angka misalnya. Nama yang baik adalah nama yang mudah untuk diingat.

Mengatur template dan membuat laman

Untuk pengaturan template secara dasar adalah mengisi menu navigasi dan membuat laman yang diperlukan sebagai kelengkapan blog.  Laman yang dimaksud juga nantinya akan membantu pengunjung untuk mengetahui lebih detil tentang informasi mengenai blog sehingga terkesanlebih professional. Laman-laman pelengkap tersebut secara umum adalah laman kontak, tentang blog dan penulis, kebijakan. Detilnya silahkan baca disini : pembuatan laman untuk blog

Setelah melakukan persiapan dan pembuatan blog seperti yang telah dituliskan diatas, selanjutnya adalah tentang bagaimana agar blog itu sendiri terus ada dan mampyu bertahan. Karena sudah mengikuti lima langkkah diatas, selanjutnya hanyalah tinggal melakukan upaya untuk menjaga keberadaan blog, berikut cara yang saya rekomendasikan.

Mendaftarkan blog ke google webmaster

Singkat saja, google webmaster adalah sarana untuk membantu blog untuk segera terindeks oleh mesin pencari google. Dengan begitu, maka blog akan segera menerima trafik dan kunjungan yang akan memberi sedikit tambahan semangat untuk terus mengelola situsnya.

Mempelajari cara-cara SEO mulai dari yang paling dasar

SEO amerupakan singkatan daripada search engine optimizer yang berfungsi untuk menempatkan artikel dan blog milik kita mampu untuk menempati halaman teratas mesin pencari,tujuannya agar tulisan yang telah di publish dapat dengan mudah ditemukan oleh visitor melalui penelusuran browser. SEO sendiri merupakan teknik yang susah-susah gampang, namun jika tekun dan memiliki kemauan untuk mendalaminya maka tidak ada hal yang tidak mungkin, mari sama-sama belajar untuk itu dan saya juga telah membagikan sedikit  dasar SEO yang saya ketahui di blog ini, silahkan di telusuri.

Memanfaatkan layanan keyword planner

Poin ini merupakan sub-sub daripada teknik seo, tapi setidaknbya upayakan untuk memanfaatkan sarana gratisan ini untuk merencanakan judul postingan yang akan dibuat kedepannya. Secara singkatnya, layanan ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan analisa kata kunci yang sering dicari melalui pencarian google. Dengan begitu seorang blogger akan mampu mempersiapkan ide judul yang akan ditulis selanjutnya sesuai dengan topik yang dipilih.

Saya kira hanya itu yang mampu saya bagikan kali ini, mudah-mudahan dapat membantu dan bermanfaat khususnya bagi pembaca yang baru akan memulai blogging agar blog baru yang dibuat mampu bertahan lama serta menempati posisi satu pada pencarian. Jika ada yang ingin menambahkan atau ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk member komentar, salam blogging!

SHARE

0 komentar:

Post a Comment